Riset: Indo-Pasifik Berisiko Perang, Indonesia Masuk 9 Besar Terkuat

Senin, 06 Desember 2021 - 06:50 WIB
loading...
Riset: Indo-Pasifik Berisiko Perang, Indonesia Masuk 9 Besar Terkuat
Hasil riset The Lowy Institute memasukkan Indonesia di peringkat 9 negara terkuat di kawasan Indo-Pasifik. Foto/Screenshot The Lowy Institute
A A A
JAKARTA - Riset The Lowy Institute memperingatkan bahwa ketegangan tinggi di Indo-Pasifik menciptakan risiko perang yang siginifikan. Lembaga yang berbasis di Sydney ini juga memasukkan Indonesia dalam 9 besar negara terkuat di kawasan tersebut.

SINDOnews.com pada Senin (6/12/2021) memantau laporan online "Lowy Institute Asia Power Index 2021 Edition" yang menunjukkan 26 negara kekuatan di Asia-Pasifik. Indonesia berada di peringkat 9 dengan skor 19,4 dan tren kekuatannya menurun 0,5 dari tahun sebelumnya.



Laporan lembaga itu akan dirilis pada hari Senin (6/12/2021). Riset peringkat itu mengukur sumber daya dan pengaruh untuk menilai kekuatan relatif negara-negara tersebut.

Dari laporan itu, 10 besar kekuatan di Asia-Pasifik adalah: Amerika Serikat (AS), China, Jepang, India, Rusia, Australia, Korea Selatan, Singapura, Indonesia dan Thailand.

Yang mengejutkan, dari 10 negara tersebut yang mengalami tren kenaikan hanya AS. China, yang selama ini digembar-gemborkan Washington sebagai ancaman di Indo-Pasifik tren kekuatannya dilaporkan menurun atau melemah.

Penelitian tersebut menyoroti risiko tinggi bahwa kawasan Indo-Pasifik akan berakhir dalam konflik besar dalam dekade mendatang yang melibatkan dua negara adidaya, AS dan China.

“Risiko perang berasal dari fakta adanya perlombaan senjata di kawasan itu,” kata direktur proyek, Herve Lemahieu, kepada news.com.au.

“Ini melibatkan AS dan China, tetapi juga melibatkan banyak pemain lain seperti India, Jepang, dan negara-negara Asia Tenggara yang lebih kecil seperti Vietnam yang memiliki sengketa maritim dengan China.”

Lemahieu mengatakan ada banyak cara di kawasan itu agar konflik bisa pecah dan karena ketegangan berjalan begitu tinggi, hanya dua negara yang bisa menciptakan efek domino, membawa dua negara adidaya.

“China sebagai kekuatan yang meningkat memiliki kepercayaan diri, keangkuhan, sedangkan AS takut akan China dan kebangkitan China," ujarnya.

“Perpaduan kualitas emosional dapat mengakibatkan miskomunikasi dan konflik yang tidak diinginkan yang mengarah pada perang.”

Tatanan regional yang lebih stabil akan bergantung pada kesediaan kedua negara untuk hidup berdampingan sebagai negara adidaya.



“China dan AS harus belajar berjalan dan mengunyah permen karet secara bersamaan. Mereka harus bersaing dan bekerja sama di area sensitif dan tantangan transnasional seperti perubahan iklim," katanya.

China Melemah

China untuk pertama kalinya mengalami penurunan kekuatan komprehensif, yang menurut The Lowy Institute sangat penting.

“Tren jangka panjang selama empat tahun adalah bahwa kekuatan China telah meningkat dan kekuatan Amerika Serikat telah menurun, tentu saja relatif terhadap China, tetapi telah terjadi perubahan nasib yang tiba-tiba antara kedua negara adidaya itu,” kata Lemahieu.

China, yang menempati peringkat dua dari 26 untuk kekuatan komprehensif, memiliki skor keseluruhan 74,6 dari 100.

Negara ini jatuh satu tempat untuk pengaruh diplomatik dan sumber daya masa depan, tetapi peringkatnya dalam semua tindakan lain tidak berubah.

Dalam hal poin, satu-satunya keuntungannya adalah dalam ketahanan. Itu kehilangan poin terbanyak dalam sumber daya masa depan dan juga kehilangan poin dalam pengaruh budaya, pengaruh diplomatik dan kemampuan ekonomi.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)