Nissan Ikut-ikutan Buat Kendaraan Penjelajah Bulan, Ungkap Teknologi Terbaru

Kamis, 02 Desember 2021 - 21:01 WIB
loading...
Nissan Ikut-ikutan Buat Kendaraan Penjelajah Bulan, Ungkap Teknologi Terbaru
Kendaraan penjelajah bulan rancangan Nissan dan Japan Aerospace Exploration Agency. Foto/youtube/nissan
A A A
TOKYO - Pabrikan mobil Jepang, Nissan, pada Kamis (2/12/2021) memperkenalkan prototipe kendaraan penjelajah bulan yang menerapkan teknologi terbaru. Kendaraan itu dikembangkan bersama Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

“Dalam penelitian bersama JAXA, Nissan mengembangkan teknologi e-4ORCE untuk meningkatkan kinerjanya di medan berpasir dan kondisi keras lainnya,” papar pernyataan Nissan.

Nissan menjelaskan, “Saat mobil dikendarai di pasir, rodanya sering berputar tergelincir dan terperosok masuk, menghambat gerakan maju. Keterampilan mengemudi tingkat tinggi diperlukan untuk menghindari terjebak (pasir).”



“Untuk memenuhi kebutuhan ini, Nissan telah mengembangkan kontrol tenaga penggerak yang meminimalkan jumlah putaran roda sesuai dengan kondisi permukaan," ungkap pernyataan perusahaan.



Fitur e-4ORCE adalah teknologi kontrol semua roda yang digunakan di semua crossover listrik Ariya oleh Nissan.

Baca juga: Ini Sebab Raja dan Pangeran Saudi Tak Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia Versi Forbes

“Penjelajah bulan ini dirancang untuk melintasi medan bulan yang berlumpur, berbatu, dan bergelombang serta menjadi hemat energi. Teknologi e-4ORCE adalah untuk meningkatkan kapasitasnya dan meminimalkan jumlah putaran roda sesuai kondisi permukaan," ungkap Nissan.

Pembangunan kendaraan penjelajah bulan tersebut sudah berlangsung sejak 2020.

Pada Senin, produsen mobil itu meluncurkan rencana "Nissan Ambition 2030" untuk menguasai setengah pasar dari semua jajaran kendaraan listrik global pada 2030.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)