MI6 Peringatkan China: Salah Perhitungan Bisa Picu Perang dengan Inggris

Rabu, 01 Desember 2021 - 02:46 WIB
loading...
A A A
"Kami dan sekutu serta mitra kami harus berdiri dan menghalangi aktivitas Rusia yang bertentangan dengan sistem berbasis aturan internasional," kata kepala MI6 itu.

"Tidak ada negara di Eropa atau di luar yang harus tergoda untuk berpikir bahwa konsesi yang tidak seimbang ke Rusia membawa perilaku yang lebih baik," ucapnya, mencatat pencaplokan Crimea oleh Rusia tahun 2014 dari Ukraina dan penumpukan pasukan baru-baru ini di dekat perbatasan dengan Ukraina.

Pernyataan Moore ini adalah peringatan terbaru dari pejabat senior Inggris dan NATO yang bertujuan untuk menghalangi serangan lebih lanjut Moskow di Ukraina.

Moore mengatakan Iran juga merupakan ancaman besar dan menggunakan kelompok politik dan militan Hizbullah - "negara di dalam negara" - untuk memicu gejolak politik di negara-negara tetangga.

Baca juga:Rusia Kembangkan Batu Mata-mata ala James Bond yang Pernah Digunakan MI6

Hingga tahun 1992, pemerintah Inggris menolak untuk mengkonfirmasi keberadaan MI6. Organisasi tersebut secara bertahap menjadi lebih terbuka dalam beberapa tahun terakhir, bahkan mengizinkan penerbitan sejarah resminya meskipun hanya sampai tahun 1949.

MI6 mulai secara terbuka menyebutkan pemimpinnya, yang menggunakan nama kode C, pada 1990-an, dan Moore adalah kepala dinas intelijen pertama yang memiliki akun Twitter.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2418 seconds (0.1#10.140)