Paling Langka di Dunia, Wanita Ini Dijuluki Berdarah Emas

Selasa, 30 November 2021 - 08:01 WIB
loading...
Paling Langka di Dunia, Wanita Ini Dijuluki Berdarah Emas
Wanita Malaysia pemilik golongan darah Rhnull, golongan darah paling langka di dunia sehingga dijuluki darah emas. Foto/Facebook Derma Darah Terengganu Kite
A A A
KUALA LUMPUR - Seorang wanita Terengganu, Malaysia , telah menjadi sensasi online selama akhir pekan karena memiliki golongan darah paling langka di dunia. Golongan darahnya Rhnull yang dijuluki "darah emas".

Golongan darah Rhnull hanya dapat ditemukan pada 43 orang di seluruh dunia, di mana salah satunya adalah wanita Malaysia ini.

Menurut sebuah posting Facebook oleh bank darah Terengganu (Derma Darah Terengganu Kite), wanita itu adalah satu-satunya orang di Malaysia yang hidup dengan golongan darah langka. Sayangnya, identitas wanita tersebut tidak disebutkan, meski fotonya dipajang.

Baca juga: Rusia Berhasil Uji Tembak Rudal Jelajah Hipersonik Zircon, Ini Videonya

"Golongan darah pendonor ini adalah Rhnull, golongan darah paling langka di dunia," bunyi posting-an tersebut yang dilansir Malay Mail, Senin (29/11/2021).

Pihak bank darah mengatakan bahwa darah yang disumbangkan wanita tersebut akan dikirim ke bank darah nasional di Kuala Lumpur, di mana akan disimpan dalam wadah berisi nitrogen pada suhu minus 80 derajat selama 10 tahun.

“Jika ada pasien yang membutuhkan darah jenis ini, maka darah ini akan diencerkan untuk digunakan," lanjut posting bank darah tersebut. "Anda yang spesial, sis."

Menurut Australian Academy of Science, orang yang hidup dengan golongan darah ini sama sekali tidak memiliki antigen Rh (protein) pada sel darah merah.

Dilaporkan bahwa golongan darah langka pertama kali ditemukan pada seorang wanita Aborigin Australia pada tahun 1961.

Kelangkaannya berarti bahwa sumbangan Rhnull sangat langka dan sulit diperoleh ketika individu dengan golongan darah ini membutuhkan transfusi.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1744 seconds (11.252#12.26)