alexametrics

Yunani Siap Konfrontasi Militer dengan Turki untuk Bela Kedaulatan

loading...
Yunani Siap Konfrontasi Militer dengan Turki untuk Bela Kedaulatan
Menteri Pertahanan (Menhan) Yunani Nikos Panagiotopoulos. Foto/REUTERS
A+ A-
ATHENA - Menteri Pertahanan (Menhan) Yunani Nikos Panagiotopoulos menegaskan kesiapan negaranya untuk semua kemungkinan, termasuk konfrontasi militer dengan Turki jika Ankara terus memprovokasi Athena.

Saat wawancara televisi, Panagiotopoulos mengungkapkan bahwa kementeriannya telah menyoroti peningkatan provokasi Turki.

“Perilaku turki telah sangat agresif dalam periode terbaru. Saya yakin satu-satunya cara bagi Yunani untuk menghadapi perilaku ini, yang secara umum agresif, pada satu sisi untuk menguras semua pilihan diplomatik, dan di satu sisi memastikan peningkatan langkah pencegahan militer kita,” ujar dia.



Saat ditanya apakah Yunani siap untuk konfrontasi militer dengan Turki, Panagiotopoulos menjawab, “Tentu saja.”

“Kami siap untuk skenario apapun. Di antaranya adalah intervensi militer. Kami tidak ingin pergi ke sana, tapi kami ingin menjelaskan bahwa kami akan melakukan apapun yang perlu dilakukan untuk membela hak kedaulatan kami sepenuh mungkin,” tutur dia.

Beberapa hari lalu, surat kabar pemerintah Turki merilis permintaan perusahaan minyak Turki untuk mendapat lisensi eksplorasi minyak dan gas di dekat kepulauan Yunani. (Baca juga: Gedung Putih Tarik Pasukan AS dari Jerman)

Setelah itu, pada 3 Juni, Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengirim surat pada Uni Eropa (UE) bahwa ini akan memicu krisis Yunani dan Eropa.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan Turki akan bersama pemerintah Libya mengeksplorasi dan mengembangkan lading minyak dan gas di Mediterania. (Baca juga: Bak Film Horor, Pria Ini Ancam Demonstran dengan Gergaji Mesin)
(sya)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak