Pejabat China pada AS: Tidak Ada Ruang Kompromi di Taiwan

Kamis, 25 November 2021 - 19:15 WIB
loading...
Pejabat China pada AS: Tidak Ada Ruang Kompromi di Taiwan
Ilustrasi
A A A
BEIJING - Kementerian pertahanan China menyatakan, “tidak ada ruang untuk kompromi” dengan Amerika Serikat (AS) ketika datang ke Taiwan . Ini adalah serangan terbaru dalam perang kata-kata dan sikap atas pulau yang memiliki pemerintahan sendiri, yang dianggap Beijing sebagai provinsi pemberontak.

Ketika ditanya tentang hubungan AS-China pada konferensi pers pada hari Kamis (25/11/2021), juru bicara Kementerian Pertahanan China, Wu Qian mengatakan, kedua belah pihak mendapat manfaat dari memiliki hubungan yang sehat dan stabil.



“Namun, untuk jangka waktu tertentu, pihak AS telah mengatakan banyak hal yang tidak bertanggung jawab dan melakukan banyak hal provokatif di Taiwan, Laut China Selatan, dan pengintaian jarak dekat oleh kapal perang dan pesawat terbang,” ujar Wu Qian, seperti dikutip dari Aljazeera.

Komentar itu muncul sehari setelah pemerintahan Presiden Joe Biden mengundang Taiwan ke KTT virtual untuk Demokrasi yang akan datang. Undangan untuk Taiwan itu dilayangkan di tengah ketegangan yang sudah meningkat di pulau itu.

Taiwan adalah satu-satunya pemerintah dalam daftar undangan yang tidak diakui Washington sebagai negara berdaulat. Selama ini, AS mempertahankan kebijakan ambiguitas strategis terhadap Taiwan, menawarkan dukungan ekonomi dan militer dan secara teratur memuji Taiwan sebagai mercusuar demokrasi.



Wu Qian menambahkan, aspek-aspek tertentu dari kedaulatan China tidak dapat dilanggar. “Terutama pada masalah Taiwan, China tidak memiliki ruang untuk kompromi, dan pihak AS seharusnya tidak memiliki ilusi tentang ini,” katanya.

Beijing tidak mengesampingkan mengambil alih Taiwan dengan paksa dan semakin menekan negara-negara lain untuk menurunkan atau memutuskan hubungan dengan pulau itu. Mereka semakin sering melakukan latihan yang dimaksudkan untuk melenturkan kekuatan militer China di dekat pulau itu dalam beberapa bulan terakhir.

Setelah pertemuan puncak virtual awal November antara Biden dan timpalannya dari China Xi Jinping, media pemerintah melaporkan pemimpin China telah memperingatkan Biden bahwa mendorong kemerdekaan Taiwan akan “bermain dengan api”.



Biden, sementara itu, mengatakan kepada Xi bahwa AS “sangat menentang upaya sepihak untuk mengubah status quo atau merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan,” menurut Gedung Putih.

Pada hari Selasa, Angkatan Laut AS mengatakan kapal perusak rudalnya telah berlayar melalui Selat Taiwan, latihan pertama setelah KTT Biden-Xi. Manuver berkala AS biasanya membuat marah Beijing, yang menganggap jalur air sebagai bagian dari wilayahnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)