Negara-negara yang Menggunakan Bom Fosfor di Medan Tempur

Rabu, 24 November 2021 - 13:09 WIB
loading...
Negara-negara yang Menggunakan Bom Fosfor di Medan Tempur
Israel meledakkan bom fosfor putih di atas kota Gaza saat serangan 8 Januri 2009. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Fosfor putih (white phosphorus) adalah zat kimia berbahaya yang memiliki beragam efek mematikan dan memperluas dampak kerusakan jika digunakan sebagai bom.

Bom dengan fosfor putih ini dapat digunakan untuk mengaburkan operasi militer di lapangan dari pengamatan musuh. Ketika dilepaskan ke udara, zat kimia ini mengeluarkan asap putih pekat yang digunakan militer untuk menyamarkan pergerakan pasukan.

Penggunaan fosfor putih dapat berdampak buruk pada manusia. Bahaya yang ditimbulkan fosfor putih adalah menyebabkan cedera serius dan kematian ketika bersentuhan dengan kulit, terhirup atau tertelan.

Fosfor putih bersifat mudah terbakar saat bersentuhan dengan udara terbuka, sehingga mengakibatkan luka bakar jika terkena kulit manusia. Hal ini dapat berakibat fatal karena terjadinya kerusakan pada hati, ginjal dan jantung.

Berikut beberapa negara yang menggunakan bom fosfor di medan pertempuran.

1. Israel

Pasukan Pertahanan Israel menggunakan fosfor putih di daerah terbuka sepanjang garis gencatan senjata 1948 yang memisahkan Israel dan Gaza.

Hal ini dilakukan untuk menyaring pergerakan pasukan, membakar semak dan pohon yang mungkin berfungsi sebagai perlindungan bagi kelompok pejuang Palestina, serta untuk mengatur ranjau darat dan alat peledak improvisasi.

Pasukan Israel setidaknya telah 3 kali menembakkan fosfor putih ke daerah penduduk pada 15 Januari 2009.

Akibatnya bangunan seperti rumah sakit, gedung bantuan kemanusiaan, rumah warga mengalami kerusakan. Empat warga sipil dari satu keluarga tewas atas kejadian ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)