IRGC: 9 Tentara Iran Tewas dalam Bentrokan dengan AL Amerika di Teluk Persia

Selasa, 23 November 2021 - 06:00 WIB
IRGC: 9 Tentara Iran Tewas dalam Bentrokan dengan AL Amerika di Teluk Persia
IRGC menghadang kapal perang AS saat hendak menyita kapal tanker di Laut Oman. Foto/twitter
A A A
TEHERAN - Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) mengatakan, 9 tentara tewas dalam bentrokan langsung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di perairan Teluk Persia. Bentrokan itu sendiri terjadi pada awal bulan November.

Kantor Berita Mehr, Senin (22/11/2021), mengutip komandan Angkatan Laut Iran, Alireza Tangsiri, yang mengatakan bahwa bentrokan itu terjadi di Teluk Persia, tanpa menyebutkan waktunya, lapor Anadolu News Agency.

Baca: Militer Iran Gagalkan Upaya AS Merebut Kapal Tanker di Laut Oman

Tangsiri mengatakan, bentrokan itu mengakibatkan tewasnya sembilan tentara IRGC, tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Komandan Angkatan Laut Iran itu menunjukkan bahwa ada banyak bentrokan langsung antara pasukan Angkatan Laut Iran dan AS.



"Kami telah melancarkan sembilan serangan terhadap para martir kami yang gugur," katanya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Tidak ada komentar dari otoritas AS atas pernyataan Iran.

Di awal bulan ini, Iran mengaku bahwa IRGC telah menggagalkan upaya pasukan AS untuk mencegat sebuah kapal tanker minyak di Laut Oman. IRGC berhasil menguasai kapal tanker tersebut dalam operasi militer yang menggunakan helikopter.

Baca: Tegang! Iran Rilis Video Panas IRGC Hadang Kapal Perusak AS Hendak Sita Tanker Minyak

Iran menuding, AS berupaya menyita kapal tanker itu dan memindahkan minyak yang dibawanya ke kapal lain untuk kemudian dibawa ke tempat yang tidak diketahui. Iran juga telah merilis rekaman terbaru dari pertemuan panas antara kapal IRGC dan kapal perang AS di Laut Oman.

Dalam video itu terlihat pasukan IRGC menaiki Sothys, kapal tanker minyak yang diduga digunakan Angkatan Laut AS untuk "mencuri" minyak Iran. Tampak di video itu, sekitar selusin kapal kecil, mungkin kapal cepat IRGC, terlihat mengikuti dan mengitari kapal perusak kelas Arleigh Burke Angkatan Laut AS, yakni USS The Sullivans atau USS Michael P Murphy yang keduanya beroperasi di wilayah tersebut.
(esn)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1468 seconds (11.252#12.26)