Istri Eks Bos Interpol: China Seperti Monster, Memakan Anaknya Sendiri

Jum'at, 19 November 2021 - 14:27 WIB
loading...
Istri Eks Bos Interpol: China Seperti Monster, Memakan Anaknya Sendiri
Istri mantan presiden Interpol, Grace Meng. Foto/The New Indian Express
A A A
PARIS - Istri mantan Presiden Interpol Meng Hongwei, Grace Meng, buka suara setelah suaminya menghilang. Ia menyalahkan pemerintah China yang disebutnya sebagai monster atas kerusakan pada keluarganya dan negara.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Associated Press,Grace menunjukkan wajahnya untuk pertama kalinya dan berbicara dengan bebas tentang sistem korup yang dia tuduh telah mengobrak-abrik keluarganya.

"Saya memiliki tanggung jawab untuk menunjukkan wajah saya, untuk memberi tahu dunia apa yang terjadi. Selama tiga tahun terakhir, saya belajar - sama seperti kita tahu bagaimana hidup dengan COVID - saya tahu bagaimana hidup dengan monster, otoritas," katanya kepada AP yang dinukil Newsweek, Jumat (19/11/2021).

Dia menyebut pemerintah China "monster" karena menurutnya: "Mereka memakan anak-anak mereka."

Meng Hongwei (67) menghilang pada tahun 2018. Komunikasi terakhirnya hanya pesan yang terdiri dari dua pesan teks yang dikirimkan pada 25 September 2018 dalam perjalanan kerja ke Beijing.

Istri Eks Bos Interpol: China Seperti Monster, Memakan Anaknya Sendiri

Mantan Presiden Interpol Meng Hongwei



Teks pertama berbunyi: "Tunggu telepon saya," diikuti pesan berikutnya empat menit kemudian dengan emoji pisau dapur, yang tampaknya menandakan bahaya.

Sejak itu, Grace tidak lagi mendengar kabar darinya, dan beberapa surat yang dikirim oleh pengacaranya ke pihak berwenang China tidak dijawab. Ia tidak yakin apakah suaminya masih hidup.

"Saya tidak ingin anak-anak tidak memiliki ayah," tambahnya, mulai menangis.

"Setiap kali anak-anak mendengar seseorang mengetuk pintu, mereka selalu pergi untuk melihat. Saya tahu bahwa mereka berharap orang yang masuk adalah ayah mereka. Tetapi setiap kali, ketika mereka menyadari bahwa itu bukan, mereka diam-diam menurunkan kepala mereka. Mereka sangat berani," tutur Grace.

Grace tinggal bersama anak laki-laki kembarnya di Prancis sebagai pengungsi politik di bawah pengawasan sepanjang waktu. Ia meyakini agen-agen China berusaha menculik mereka.



Pada Oktober 2018, sebuah pernyataan mengumumkan bahwa Meng sedang diselidiki atas pelanggaran hukum yang tidak ditentukan, menandakan bahwa dia adalah pejabat tinggi China terbaru dalam sasaran pembersihan partai. Interpol kemudian mengumumkan bahwa Meng mengundurkan diri sebagai presiden, segera efektif, dan menimbulkan kecurigaan dari Grace.

“Ini kasus palsu. Ini contoh perselisihan politik yang berubah menjadi urusan kriminal. Tingkat korupsi di China saat ini sangat serius. Ada di mana-mana. Tapi ada dua pendapat berbeda tentang cara menyelesaikan korupsi. Salah satunya adalah metode yang digunakan sekarang. Yang lainnya adalah bergerak menuju demokrasi konstitusional, menyelesaikan masalah sampai ke akar-akarnya," urainya.

Pada 2019, China mengumumkan bahwa Meng telah dicopot dari keanggotaan Partai Komunis. China mengatakan dia telah menyalahgunakan kekuasaannya untuk memuaskan gaya hidup mewah keluarganya dan membiarkan istrinya menggunakan otoritasnya untuk keuntungan pribadi.

Pada Januari 2020, pengadilan mengumumkan bahwa Meng dijatuhi hukuman 13 tahun enam bulan penjara atas tuduhan menerima suap lebih dari USD2 juta atau Rp28 miliar, dan mengatakan dia mengaku bersalah dan menyatakan penyesalannya.

Grace Meng percaya bahwa tuduhan itu dibuat-buat dan suaminya telah dibersihkan dan sekarang hilang karena dia menggunakan posisinya yang terkenal untuk mendorong perubahan.



"Ini telah membuat saya sedih melampaui titik di mana saya bisa lebih sedih lagi. Tentu saja, ini sama kejamnya dengan anak-anak saya," kata Grace.

Di antara para kritikus global China — banyak dari mereka sekarang memobilisasi menentang Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing — Grace membawa perspektif unik dari mantan orang dalam yang telah berjalan melalui kaca dan muncul dengan pandangannya yang berubah.

Begitu mendalamnya perubahan sehingga dia sebagian besar berhenti menggunakan nama Chinanya, Gao Ge. Dia bilang dia sekarang lebih merasa dirinya sebagai Grace, nama pilihannya, dengan nama belakang suaminya Meng.

"Saya telah mati dan terlahir kembali," katanya.

Grace Meng juga memiliki koneksi politik melalui keluarganya sendiri. Ibunya bertugas di badan penasihat legislatif China. Dan keluarga memiliki pengalaman trauma politik sebelumnya. Ia mengatakan setelah pengambilalihan Komunis pada tahun 1949, kakek Grace Meng dilucuti dari aset bisnisnya dan kemudian dipenjarakan di kamp kerja paksa.



Sejarah, katanya, berulang.

"Tentu saja, ini adalah tragedi besar dalam keluarga kami, sumber penderitaan besar," katanya.

"Tapi saya juga tahu bahwa sangat banyak keluarga di China saat ini menghadapi nasib yang sama dengan saya," pungkasnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)