Macron: Prancis Tidak Perlu Lockdown Orang yang Belum Divaksinasi

Jum'at, 19 November 2021 - 05:02 WIB
loading...
Macron: Prancis Tidak Perlu Lockdown Orang yang Belum Divaksinasi
Presiden Prancis, Emmanuel Macron. FOTO/Reuters
A A A
PARIS - Prancis tidak perlu mengikuti negara-negara Eropa yang memberlakukan penguncian COVID-19 pada orang yang tidak divaksinasi, karena keberhasilannya dalam membatasi penyebaran virus. Demikian ditegaskan Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

"Negara-negara yang mengunci orang yang tidak divaksinasi adalah mereka yang belum memberlakukan izin (kesehatan). Oleh karena itu, langkah ini tidak diperlukan di Prancis," kata Macron kepada surat kabar La Voix du Nord dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Kamis (18/11/2021).



Sebelumnya pada hari itu, beberapa ratus orang memprotes di luar Kedutaan Besar Austria di Paris, menentang pembatasan Austria. Mereka khawatir Prancis mungkin akan memberlakukan kembali pembatasan yang bertujuan mengurangi peredaran virus.

Macron mengatakan, dia masih menunggu panduan dari otoritas kesehatan tentang apakah dosis ketiga harus diperpanjang untuk semua yang memenuhi syarat untuk vaksin.

“Tembakan booster saat ini tersedia untuk mereka yang berusia di atas 65 tahun dan lemah dan akan diperlukan untuk izin kesehatan yang valid untuk kelompok usia mulai Desember,” ujarnya. "Jika terbukti bahwa dosis ketiga efektif dan diperlukan untuk masyarakat luas, maka jelas kami akan memasukkannya ke dalam izin kesehatan," tambah Macron.



Belakangan, Eropa memang kembali menjadi pusat pandemi. Kondisi ini mendorong beberapa negara Eropa, termasuk Jerman dan Austria untuk menerapkan kembali pembatasan menjelang Natal dan menyebabkan perdebatan apakah vaksin saja cukup untuk menjinakkan COVID-19.

Di Prancis, bukti vaksinasi atau tes negatif baru-baru ini diperlukan untuk pergi ke restoran, kafe dan bioskop, serta dan naik kereta jarak jauh. Eropa menyumbang lebih dari setengah dari rata-rata tujuh hari infeksi secara global pekan lalu dan sekitar setengah dari kematian terbaru, menurut penghitungan Reuters.

Kanselir Jerman Angela Merkel pada hari Kamis mengumumkan pembatasan kehidupan publik bagi mereka yang belum divaksinasi di daerah-daerah di mana rumah sakit dipenuhi dengan sangat cepat oleh pasien COVID-19. Austria juga telah memberlakukan penguncian bagi yang tidak divaksinasi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2154 seconds (0.1#10.140)