Serangan Koalisi Pimpinan Arab Saudi di Utara Marib Tewaskan 130 Pemberontak Houthi

Rabu, 17 November 2021 - 14:43 WIB
loading...
Serangan Koalisi Pimpinan Arab Saudi di Utara Marib Tewaskan 130 Pemberontak Houthi
Serangan koalisi Arab Saudi. FOTO/Reuters
A A A
RIYADH - Koalisi pimpinan Arab Saudi di Yaman menyatakan telah berhasil menewaskan lebih dari 130 pemberontak Houthi dalam 24 jam terakhir. Serangan dilancarkan Selasa (16/11/2021) di areal dekat benteng pro-pemerintah di sebelah utara Marib.

Seperti dikutip dari Arab News, Rabu (17/11/2021), Koalisi Arab telah melaporkan jumlah korban tewas yang tinggi dalam serangan hampir setiap hari sejak Oktober. Serangan ini bertujuan untuk memukul mundur serangan milisi di kota Marib.



"Enam belas kendaraan militer dihancurkan dan lebih dari 130 elemen teroris dihilangkan dalam serangan terbaru,” sebut pernyataan Koalisi Arab. Pernyataan itu juga menyebutkan, serangan dilancarkan di Provinsi Marib dan Al-Bayda.

Houthi memulai dorongan besar untuk merebut kota Marib pada bulan Februari, dan memperbarui serangan mereka pada bulan September. Dilaporkan juga pertempuran di front terpisah, di sepanjang pantai Laut Merah Yaman, setelah Houthi mendorong ke selatan dalam beberapa hari terakhir.

Koalisi mengatakan pada hari Selasa, bahwa mereka menargetkan empat posisi Houthi di sepanjang pantai barat. Kekerasan Houthi di dekat pelabuhan jalur kehidupan Yaman di provinsi barat Hodeidah telah membuat lebih dari 6.000 orang mengungsi, menurut PBB.



Juru Bicara Koalisi Arab, Brigadir Jenderal Turki Al-Maliki, mengatakan, pemindahan pasukan koalisi dan Yaman ke pantai barat masuk dalam strategi militernya untuk mendukung pemerintah Yaman di semua lini.

“Pasukan gabungan di pantai barat Kamis lalu melakukan pemindahan dan reposisi kekuatan militer mereka di bawah arahan Koalisi Komando Pasukan Gabungan, dan proses reposisi ditandai dengan disiplin dan fleksibilitas seperti yang direncanakan dan sejalan dengan masa depan. rencana koalisi,” kata al-Maliki.

Al-Maliki juga mengatakan, Houthi masih menguasai tiga pelabuhan di daerah tersebut (Hodeidah, Salif dan Ras Issa), dan tidak memungkinkan PBB untuk mengawasi pelaksanaan Perjanjian Stockholm. Dia menambahkan bahwa pelanggaran Houthi terhadap perjanjian itu berjumlah lebih dari 30.000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)