Mohammad bin Salman Umumkan Oxagon, Kompleks Industri Terapung Terbesar di Dunia

Rabu, 17 November 2021 - 05:55 WIB
loading...
Mohammad bin Salman Umumkan Oxagon, Kompleks Industri Terapung Terbesar di Dunia
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman mengumumkan pembentukan Oxagon, kompleks industri terapung terbesar di dunia. Foto/Al Arabiya
A A A
RIYADH - Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman mengumumkan pembentukan Oxagon, membentuk fase berikutnya dari rencana induk NEOM dan mewakili model baru yang radikal untuk pusat manufaktur masa depan.

“Oxagon akan menjadi katalis untuk pertumbuhan ekonomi dan keragaman di NEOM dan Kerajaan, lebih lanjut memenuhi ambisi kami di bawah Visi 2030. Oxagon akan berkontribusi untuk mendefinisikan kembali pendekatan dunia untuk pengembangan industri di masa depan, melindungi lingkungan sekaligus menciptakan lapangan kerja dan pertumbuhan untuk NEOM," kata Mohammad bin Salman dalam pengumumannya.

"Ini akan berkontribusi pada perdagangan dan perdagangan regional Arab Saudi, dan mendukung penciptaan titik fokus baru untuk arus perdagangan global. Saya senang melihat bahwa bisnis dan pengembangan telah dimulai di lapangan dan kami menantikan ekspansi kota yang cepat,” sambungnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu (17/11/2021).



Terdiri dari area yang luas di sudut barat daya NEOM, lingkungan perkotaan inti berpusat di sekitar pelabuhan terintegrasi dan pusat logistik yang akan menampung sebagian besar penduduk kota. Desain segi delapan yang unik meminimalkan dampak terhadap lingkungan dan menyediakan penggunaan lahan yang optimal, dengan sisanya terbuka untuk melestarikan 95% lingkungan alam.

Ciri khas kota ini adalah struktur terapung terbesar di dunia, yang akan menjadi pusat Ekonomi Biru NEOM dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

“Melalui Oxagon, akan ada perubahan mendasar dalam cara dunia memandang pusat-pusat manufaktur. Yang mendorong kami adalah melihat antusiasme dari sejumlah mitra kami yang telah menunjukkan keinginan untuk memulai proyek mereka di Oxagon," kata Nadhmi Al-Nasr, CEO NEOM.



"Para pionir perubahan ini akan mendirikan pabrik, yang dikembangkan dengan teknologi terbaru dalam kecerdasan buatan, untuk mencapai lompatan signifikan untuk era ini ke dalam Revolusi Industri Keempat. Seperti halnya THE LINE, Oxagon akan menjadi kota kognitif komprehensif yang menyediakan hunian luar biasa bagi penghuninya,” imbuhnya.

Oxagon akan membangun pelabuhan terintegrasi dan ekosistem rantai pasokan pertama di dunia untuk NEOM. Pelabuhan, logistik, dan fasilitas pengiriman kereta api akan disatukan, memberikan tingkat produktivitas kelas dunia dengan emisi karbon nol bersih, menetapkan tolok ukur global dalam penerapan teknologi dan kelestarian lingkungan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)