Saat UEA Menunggu F-35 AS, Rusia Menggoda dengan Jet Tempur Checkmate

Senin, 15 November 2021 - 09:42 WIB
loading...
Saat UEA Menunggu F-35 AS, Rusia Menggoda dengan Jet Tempur Checkmate
Prototipe jet tempur generasi kelima Checkmate Rusia dipamerkan di Dubai Airshow, Uni Emirat Arab, Minggu (14/11/2021). Foto/Imad Creidi
A A A
DUBAI - Rusia menggoda Uni Emirat Arab (UEA) dengan jet tempur generasi kelima terbarunya, Checkmate, saat Abu Dhabi menunggu kepastian pengiriman jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS).

Moskow telah memamerkan prototipe pesawat tempur generasi kelimanya itu di Dubai Airshow pada hari Minggu.

Ini adalah pertama kalinya Sukhoi Su-75 Checkmate, yang diresmikan pada bulan Juli, ditampilkan di luar Rusia. Menurut kantor berita negara Rusia, prototipe itu sudah dikunjungi oleh delegasi UEA.



Sebuah video simulasi komputer berbahasa Inggris yang mewah menunjukkan pesawat tempur taktis ringan tersebut, yang mampu membawa lima rudal udara-ke-udara secara bersamaan, menghancurkan beberapa target sekaligus.

Presentasi Rusia menyebut Checkmate, yang diperiksa oleh Presiden Vladimir Putin selama peluncurannya pada bulan Juli, sebagai jet tempur hemat biaya yang dapat terbang dengan kecepatan Mach 1,8 dan jangkauan 2.800-2.900 kilometer.

Checkmate, yang akan melakukan uji terbang perdananya pada tahun 2023 dan mulai berproduksi pada tahun 2026, belum mendapatkan pesanan.

Sedangkan F-35 Lockheed Martin mulai beroperasi pada tahun 2015 dengan Korps Marinir AS.

Yury Slusar, kepala United Aircraft Corp, bagian dari konglomerat pertahanan dan kedirgantaraan negara Rusia; Rostec, mengatakan telah ada "kontak intensif" dengan Angkatan Udara Rusia.

Para diplomat Barat meragukan negara-negara Teluk yang bersekutu dengan AS akan membeli peralatan canggih seperti jet tempur Checkmate, meskipun penjualan perangkat keras Rusia ke Teluk telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)