Rusia Siap Bantu Turki Bikin Jet Tempur Generasi Kelima

Senin, 15 November 2021 - 06:44 WIB
loading...
Rusia Siap Bantu Turki Bikin Jet Tempur Generasi Kelima
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memeriksa jet tempur Su-57 Rusia di pameran udara di luar Moskow, 2019. Foto/REUTERS/Maxim Shemetov
A A A
MOSKOW - Rusia siap membantu Turki untuk mengembangkan jet tempur generasi kelima . Dukungan ini muncul setelah Ankara, yang merupakan anggota NATO, gagal memperoleh jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS).

Ankara sebelumnya telah mengindikasikan terbuka untuk bekerja sama dalam masalah tersebut dengan negara-negara sahabat.

"Rusia telah berulang kali menyatakan kesiapan untuk membantu Turki [dalam pengembangan jet tempur generasi kelima], tetapi saat ini proyek ini dalam tahap negosiasi,” kata kepala Layanan Federal Rusia untuk Kerjasama Teknis-Militer (FSMTC), Dmitry Shugayev, kepada RIA Novosti yang dilansir Senin (15/11/2021).



Ismail Demir, ketua Kepresidenan Industri Pertahanan—sebuah lembaga pemerintah Turki—, mengatakan pada bulan September lalu bahwa Ankara ingin bekerja sama dengan negara-negara sahabat dalam merancang jet tempur generasi kelima.

Sekadar diketahui, AS mengusir Turki dari program jet tempur siluman F-35 pada 2019 dan membatalkan pengiriman jet-jet tempur yang dijanjikan ke Ankara.

Tindakan AS itu sebagai respons setelah Turki menolak permintaan Washington untuk membatalkan kesepakatan pembelian sistem pertahanan rudal S-400 dari Moskow.

Turki telah menyatakan bahwa mereka akan memilih mitra penjualan senjata terlepas dari tekanan luar dan terlepas dari keanggotaannya di blok militer NATO yang dipimpin AS.

Pada tahun 2019, Presiden Rusia Vladimir Putin menunjukkan pesawat tempur siluman multiguna Su-57 generasi kelima kepada mitranya dari Turki, Recep Tayyip Erdogan, yang sedang melakukan tur airshow di dekat Moskow.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)