Tensi Meningkat, Ukraina Sebut 100 Ribu Tentara Rusia Bercokol di Perbatasan

Minggu, 14 November 2021 - 06:52 WIB
loading...
Tensi Meningkat, Ukraina Sebut 100 Ribu Tentara Rusia Bercokol di Perbatasan
Presiden Ukraina sebut hampir 100 ribu pasukan Rusia berada di dekat perbatasan. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Tensi di perbatasan Ukraina - Rusia meningkat. Jumlah pasukan Rusia yang berada di dekat negara tetangganya itu dilaporkan mengalami penambahan.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan ada hampir 100.000 tentara Rusia di dekat perbatasan Ukraina. Ia juga mengatakan bahwa negara-negara Barat telah berbagi informasi tentang pergerakan aktif Rusia di Kiev.

"Saya berharap seluruh dunia sekarang dapat melihat dengan jelas siapa yang benar-benar menginginkan perdamaian dan siapa yang memusatkan hampir 100.000 tentara di perbatasan kita," katanya dalam video pidatonya pada hari Rabu yang disiarkan di situsnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (14/11/2021).

Jumlah ini meningkat dari jumlah sebelumnya. Pada 3 November, Kementerian Pertahanan Ukraina menyebutkan jumlah tentara Rusia di dekat perbatasan Ukraina sebanyak 90.000. Mereka ditempatkan tidak jauh dari perbatasan dan di daerah-daerah yang dikuasai pemberontak di timur Ukraina. Dikatakan secara khusus bahwa unit Angkatan Darat ke-41 Rusia tetap berada di Yelnya, sekitar 260 kilometer utara perbatasan Ukraina.



Pergerakan pasukan Rusia di dekat perbatasan Ukraina telah memicu kekhawatiran akan kemungkinan terjadinya serangan. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan Amerika prihatin dengan laporan aktivitas Rusia yang tidak biasa di dekat Ukraina.

"Kami tidak memiliki kejelasan tentang niat Moskow, tetapi kami tahu pedomannya," kata Blinken pada konferensi pers bersama.

“Kekhawatiran kami adalah bahwa Rusia mungkin membuat kesalahan serius dengan mencoba mengulangi apa yang telah dilakukannya pada tahun 2014 ketika mengumpulkan pasukan di sepanjang perbatasan, menyeberang ke wilayah Ukraina yang berdaulat dan melakukannya dengan mengeklaim secara salah bahwa itu diprovokasi," ujar Blinken.



Moskow telah menolak tudingan seperti menghasut dan sebaliknya mengeluh tentang peningkatan aktivitas di wilayah tersebut oleh aliansi transatlantik NATO.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)