China Kirim Kapal Perang Siluman Terbesar untuk Pakistan

Rabu, 10 November 2021 - 01:29 WIB
loading...
China Kirim Kapal Perang Siluman Terbesar untuk Pakistan
PNS Tughril, kapal perang siluman terbesar yang dibangun dan dikirim China untuk Pakistan. Foto/Daily Pakistan
A A A
BEIJING - China telah mengirimkan kapal perang siluman terbesar untuk Pakistan . Pengiriman kapal canggih itu berlangsung hari Senin (8/11/2021) saat Beijing dan Islamabad terus memperkuat kemampuan militer mereka melawan saingan regionalnya, India.

Kapal perang dengan kemampuan stealth atau siluman itu dirancang untuk beroperasi di segala cuaca.

Global Times, tabloid yang dikelola pemerintah China mengatakan kapal tersebut bernama PNS Tughril. Itu adalah yang pertama dari empat fregat Type 054 yang sedang dibangun Beijing untuk Angkatan Laut Pakistan.



"Kapal ini adalah platform berteknologi maju dan sangat mampu dengan [senjata] permukaan-ke-permukaan yang sangat besar, permukaan-ke-udara dan bawah air, selain potensi pengawasan yang luas," tulis media tersebut mengutip pejabat kedua negara.

Dirancang dan dibangun oleh China State Shipbuilding Corporation Limited (CSSC), fregat itu dikirim ke Angkatan Laut Pakistan dalam upacara commissioning di Shanghai.

Zhang Junshe, seorang peneliti senior di PLA Naval Research Academy, mengatakan kepada Global Times dalam wawancara sebelumnya, bahwa dibandingkan dengan fregat China sebelumnya, kapal baru ini memiliki kemampuan pertahanan udara yang lebih baik, karena dilengkapi dengan sistem radar yang ditingkatkan dan jumlah rudal yang lebih besar
dengan jangkauan yang lebih jauh.

Zhang mengatakan Type 054A, yang menjadi basis Type 054A/P, adalah fregat paling canggih di China. Menurutnya, ia juga memiliki kemampuan siluman kelas dunia.

“Penyelesaian dan pengiriman kapal merupakan pencapaian besar lain dari persahabatan China-Pakistan, dan akan lebih meningkatkan kemitraan kerjasama strategis di segala cuaca antara kedua negara,” kata CSSC.

Berbicara kepada media pemerintah China awal tahun ini, Kepala Angkatan Laut Pakistan Laksamana M Amjad Khan Niazi, telah mendaftarkan pengadaan kapal perang dari China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)