Aparat Arab Saudi Tangkap 172 Orang Atas Tuduhan Korupsi di Lembaga Pemerintah

Selasa, 09 November 2021 - 05:00 WIB
loading...
Aparat Arab Saudi Tangkap 172 Orang Atas Tuduhan Korupsi di Lembaga Pemerintah
Ilustrasi
A A A
JEDDAH - Otoritas Pengawasan dan Pemberantasan Korupsi Arab Saudi mengumumkan penangkapan 172 orang atas tuduhan terkait korupsi keuangan dan administrasi di lembaga pemerintah.

“Dilakukan 6.061 putaran pengawasan dalam waktu satu bulan dan menyelidiki 512 orang yang terlibat dalam korupsi administratif dan keuangan,” sebut pernyataan Otoritas Pengawasan dan Pemberantasan Korupsi Arab Saudi di akun Twitter mereka, seperti dikutip dari Arab News, Senin (8/11/2021).



Dengan upaya memerangi korupsi dan melindungi integritas pemerintah, Otoritas Pengawasan dan Pemberantasan Korupsi Arab Saudi berhasil menangkap 172 orang dengan tuduhan suap, pemalsuan, penyalahgunaan jabatan dan penyalahgunaan kekuasaan dalam kapasitas resmi.

Kejahatan ini terdeteksi di pihak berwenang, termasuk Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian, Kementerian Pertahanan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Garda Nasional Saudi, Komisi untuk Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan, dan Komisi Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan.

Pihak berwenang menegaskan, prosedur hukum sedang diselesaikan dalam persiapan untuk merujuk terdakwa ke pengadilan. Pihak berwenang juga meminta kontribusi masyarakat dalam melaporkan kecurigaan korupsi keuangan atau administrasi untuk melindungi dan melestarikan kepentingan umum.



Menurut Otoritas Pengawasan dan Pemberantasan Korupsi, Arab Saudi mencapai banyak keberhasilan di sektor anti-korupsi dalam skala lokal dan internasional. “Upaya Kerajaan untuk memerangi korupsi, meningkatkan transparansi, dan menjaga integritas tercermin dalam kerja konsistennya,” lanjut pernyataan Otoritas Pengawasan dan Pemberantasan Korupsi Arab Saudi.

Ini adalah bagian dari sikap tanpa toleransi terhadap kegiatan ilegal di jabatan publik, dan otoritas terus melakukan tindakan hukum terhadap individu yang menyebarkan pelanggaran profesional dengan menyalahgunakan posisi kekuasaan mereka yang dipercaya.

Dalam pendekatan strategisnya untuk melawan korupsi dan mempromosikan kepatuhan dan akuntabilitas yang sah, pihak berwenang baru-baru ini menyelenggarakan lokakarya dengan Garda Nasional Saudi berjudul “Menganalisis dan mengevaluasi risiko dalam prosedur administrasi dan keuangan,” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam mendeteksi dan melaporkan hal-hal yang mencurigakan dan melanggar hukum kegiatan di kantor pemerintahan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)