Profil Istri-Istri Raja Salman bin Abdulaziz, dari Filantropi hingga Jarang Terlihat

Sabtu, 06 November 2021 - 06:01 WIB
loading...
Profil Istri-Istri Raja Salman bin Abdulaziz, dari Filantropi hingga Jarang Terlihat
(kiri ke kanan) Raja Salman, Fahda binti Falah, dan Mohammad bin Salman. Foto/lakome2.com
A A A
RIYADH - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz mempunyai 13 orang anak dari hasil pernikahannya dengan tiga orang istri. Berikut ini profil istri-istri sang raja Arab Saudi tersebut.

Pertama, Raja Salman menikah dengan Sultana binti Turki al-Sudairi. Diketahui Sultana binti Turki al-Sudairi merupukan sepupu jauh dari Raja Salman.

Dari hasil pernikahannya, mereka dikarunia 6 orang anak yaitu Pangeran Fahd, Pangeran Ahmed, Pangeran Sultan, Pangeran Abdulaziz, Pangeran Faisal dan Putri Hussa.

Istri pertama Raja Salman ini juga dikenal sebagai filantropis. Pada 2011, Sultana binti Turki al-Sudairi meninggal dunia di usia 71 tahun.

Kemudian, Raja Salman menikah kembali dengan Sarah binti Faisal al-Subai'ai. Dari pernikahannya yang kedua, mereka dikarunia 1 orang anak yaitu Pangeran Saud.

Sedangkan pernikahan ketiganya dengan Fahda binti Falah bin Sultan al-Hithalyn dikarunia 6 orang anak yang semuanya berjenis kelamin laki-laki, yaitu Pangeran Mohammad, Pangeran Turki, Pangeran Khalid, Pangeran Nayif, Pangeran Bandar dan Pangeran Rakan.

Pada 2018 lalu, beberapa media asal Amerika Serikat melaporkan bahwa Pangeran Mohammad melarang ibundanya sendiri bertemu Raja Salman dengan sebab yang tidak diketahui.

Menurut sumber, sikap sang Pangeran tersebut sengaja dilakukan karena ibunya menentang rencana penunjukkan dirinya sebagai pemegang kekuasaan karena hal tersebut dapat memicu terpecah belahnya keluarga kerajaan. Namun, hal ini dibantah oleh pihak Kedutaan Besar Arab Saudi di Washington.

Dia juga tidak pernah terlibat dalam kegiatan publik dalam kurun waktu lima tahun, mulai dari tahun 2015 hingga 2020. Istri dari orang nomor satu di Arab Saudi tersebut mulai menampakkan diri kembali pada bulan Maret 2020.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)