Diplomat Diduga Agen Rahasia Rusia Tewas Misterius di Berlin

Jum'at, 05 November 2021 - 19:27 WIB
loading...
Diplomat Diduga Agen Rahasia Rusia Tewas Misterius di Berlin
Kedutaan Besar Rusia di Berlin, Jerman. Seorang diplomat Rusia ditemukan tewas misterius di luar kedutaan tersebut. Foto/REUTERS/Fabrizio Bensch
A A A
BERLIN - Seorang diplomat Moskow ditemukan tewas secara misterius di luar Kedutaan Besar Rusia di Berlin. Media Jerman menduga, diplomat tersebut adalah agen rahasia Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia.

Der Spiegel, majalah yang berbasis di Jerman, melaporkan diplomat pria berusia 35 tahun itu jatuh dari lantai atas gedung dan jasadnya ditemukan di luar Kedutaan Rusia pada 19 Oktober 2021. Penyebab jatuhnya korban masih misterius.

Baca juga: Kapal Selam Nuklir AS Tabrak Gunung Bawah Laut, Komandannya Dipecat

Meski kejadian itu berlangsung bulan lalu, namun media setempat baru melaporkannya Jumat (5/11/2021).

Kedutaan Rusia di Jerman merilis pernyataan singkat sebagai tanggapan atas laporan tersebut, dengan mengatakan; "Tidak akan mengomentari peristiwa tragis ini karena alasan etis."

Laporan Der Spiegel mengatakan Kedutaan Rusia tidak menyetujui autopsi yang dilakukan di Jerman. Oleh karena itu, jenazahnya telah diangkut ke Rusia.

Pihak berwenang Jerman tidak dapat menyelidiki insiden itu karena status diplomatik mendiang.

Majalah Jerman tersebut menambahkan bahwa dinas keamanan Jerman percaya diplomat yang tewas itu adalah agen rahasia dari badan keamanan domestik Rusia, Dinas Keamanan Federal atau FSB.
(min)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2289 seconds (10.55#12.26)