Arkeolog di Arab Saudi Gali Kerajaan-kerajaan Hebat yang Terlupakan

Rabu, 03 November 2021 - 12:01 WIB
loading...
Arkeolog di Arab Saudi Gali Kerajaan-kerajaan Hebat yang Terlupakan
Al Ula menjadi daya tarik wisatawan terbaru di Arab Saudi. Foto/spa
A A A
RIYADH - Di tengah gurun gersang dan pegunungan Al Ula di barat laut Arab Saudi , para arkeolog bekerja keras menggali sisa-sisa kerajaan Dadan dan Lihyan. Kedua kerajaan itu sangat kuno dan telah lama terlupakan.

Al Ula adalah tujuan wisata unggulan sejak dibuka pada 2019. Lokasi itu dikenal terutama dengan makam megah Madain Saleh, kota berusia 2.000 tahun yang diukir di bebatuan oleh orang-orang Nabatean, warga Arab pra-Islam yang juga membangun Petra di negara tetangga Yordania.

Satu tim arkeolog Prancis dan Saudi sekarang fokus pada penggalian lima situs terdekat yang terkait peradaban Dadanite dan Lihyanite, kekuatan regional penting yang berkembang 2.000 tahun yang lalu.



“Ini adalah proyek yang benar-benar mencoba untuk membuka misteri peradaban (ini),” ujar Abdulrahman al-Sohaibani yang memimpin misi arkeologi Dadan pada Rabu (3/11/2021).



Dadan disebutkan dalam Perjanjian Lama dan kerajaan Lihyanite adalah salah satu yang terbesar pada masanya.



Kedua kerajaan itu membentang dari Madinah di selatan hingga Aqaba di utara di Yordania modern, menurut Komisi Kerajaan Arab Saudi untuk proyek tersebut.

Mencakup kira-kira 900 tahun Sebelum Masehi hingga 100 tahun Sebelum Masehi, kerajaan-kerajaan itu mengendalikan rute perdagangan penting tetapi sangat sedikit yang diketahui tentang mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)