Mengenal Tanaman Penis, Tumbuhan yang Butuh Puluhan Tahun untuk Mekar

Selasa, 02 November 2021 - 06:00 WIB
loading...
Mengenal Tanaman Penis, Tumbuhan yang Butuh Puluhan Tahun untuk Mekar
Pengunjung mengerumuni tanaman penis di Hortus Botanicus, Amsterdam. FOTO/India Times
A A A
AMSTERDAM - Amorphophallus decus-silvae atau dikenal sebagai ' tanaman penis ', baru saja berbunga di Hortus Botanicus, Amsterdam, Belanda . Sejak mekar pada akhir Oktober, tanaman penis selalu ramai dikunjungi penggemar tanaman dan juga pengunjung biasa yang ingin melihat dari dekat dan memotret tanaman langka ini.

Sejauh yang dapat diketahui oleh para ahli tanaman di Hortus, ini baru ketiga kalinya spesies ini berbunga di daratan Eropa. Terakhir kali tanaman serupa berbunga di Leiden Hortus adalah pada tahun 1997.



“Ini baru ketiga kalinya Amorphophallus decus-silvae mekar di Eropa. Terakhir kali mekar di taman Leiden adalah 24 tahun yang lalu dan itu adalah tanaman yang berbeda (dengan yang saat ini mekar),” jelas Manajer rumah kaca, Rogier van Vugt, seperti dikutip dari cbc.ca, Rabu (27/10/2021).

“Karena tanaman itu sendiri sangat langka dan hanya sedikit kebun raya yang memiliki koleksi amorphophallus decus-silvae, mengamati tanaman yang sedang mekar sangat istimewa. Pada tahun-tahun ketika tanaman tidak berbunga, ia mengumpulkan energi dengan hanya membuat daun dan menyimpan makanan dalam umbi-umbian. Setelah mekar, siklus pertumbuhan daun dimulai lagi,” jelas Vugt.

Menurutnya, tanaman penis yang saat ini mekar adalah tanaman yang 6 tahun lalu dibawa ke Hortus Botanicus oleh sukarelawan Rudmer Postma. Ia pula yang merawat tanaman yang berubah-ubah ini sampai mulai bertunas.



Seperti dikutip dari universiteitleiden.nl, kuncup itu terlihat pada pertengahan September dan dengan cepat tumbuh menjadi batang sepanjang dua meter dengan perbungaan (bunga) sekitar setengah meter. Terakhir kali tanaman lain dari genus yang sama berbunga di Hortus adalah pada tahun 1993 dan 1997. Sangat sedikit kebun raya yang memiliki koleksi Amorphophallus decus-silvae, yang membuat tanaman ini sangat jarang berbunga.

Aroma bunga menunjukkan bahwa ia sedang berbunga. Bunga Amorphophallus decus-silvae dalam dua fase. Fase pertama adalah fase betina: spadix (bagian putih, phallic dari perbungaan) menghangat dan mengeluarkan bau daging busuk yang menusuk. Lalat dan penyerbuk lainnya menyukai bau ini dan datang secara massal.



Kemudian saatnya untuk fase jantan: tanaman menghasilkan serbuk sari, yang menutupi lalat. Setelah tanaman berbunga, lalat yang tertutup serbuk sari pergi untuk makan berikutnya. Dengan sedikit keberuntungan, ini adalah Amorphophallus decus-silvae lain, yang kemudian akan mereka penyerbukan. Karena tidak ada Amorphophallus decus-silvae lain di Leiden Hortus, serbuk sari dikumpulkan untuk digunakan nanti atau dikirim ke kebun raya lainnya.

Amorphophallus decus-silvae adalah satu-satunya dari tiga yang hanya tumbuh di pulau Jawa. Sulit untuk membuat tanaman ini berbunga, karena memerlukan kondisi khusus: lingkungan yang sangat panas dan cukup lembab.

Tapi, apakah benar tanaman ini benar-benar mirip dengan penis? Untuk pertanyaan ini, Vugt punya jawaban tersendiri. “Dengan sedikit imajinasi, Anda memang bisa melihat penis di tanaman ini. Tanaman ini sebenarnya memiliki batang yang panjang dan di atasnya adalah arum khas dengan pembuluh darah. Dan kemudian di tengahnya ada spadix putih tebal,” kata Vugt.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2586 seconds (0.1#10.140)