India Sukses Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua Agni 5, Mampu Jangkau Seluruh Asia

Kamis, 28 Oktober 2021 - 03:19 WIB
loading...
India Sukses Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua Agni 5, Mampu Jangkau Seluruh Asia
India sukses uji coba rudal balistik antarbenua berkemampuan nuklir Agni 5. Foto/Sputnik
A A A
NEW DELHI - Komando Pasukan Strategis Angkatan Darat India mengumumkan telah berhasil menguji rudal balistik antarbenua (ICBM) berkemampuan nuklir Agni 5. Rudal ini mampu menjangkau semua negara Asia dan sebagian Afrika dan Eropa.

Kementerian Pertahanan India mengatakan bahwa peluncuran rudal yang sukses itu sejalan dengan kebijakan New Delhi untuk memiliki pencegahan minimum yang kredibel yang mendasari komitmennya untuk 'No First Use' atau bukan pihak pertama yang menggunakan senjata nuklir.

“Rudal itu, yang menggunakan mesin berbahan bakar padat tiga tahap, mampu menyerang target pada jarak hingga 5.000 km dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi,” bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (28/10/2021).



Uji peluncuran rudal balistik permukaan-ke-permukaan, Agni-5, dilakukan sekitar pukul 19.50 waktu setempat dari pulau, APJ Abdul Kalam, di lepas pantai negara bagian Odisha.

Dengan keberhasilan uji coba rudal berbahan bakar padat, yang dapat membawa muatan 1,5 ton, India telah menjadi negara kedelapan yang memiliki fasilitas rudal balistik antarbenua, mengikuti jejak Amerika Serikat (AS), Inggris, Rusia, China, Prancis, Israel, dan Korea Utara (Korut).

Pada bulan September lalu, China telah mencoba untuk menghentikan uji coba rudal, mengutip resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 1172 yang menyerukan India dan Pakistan untuk menghentikan uji coba nuklir lebih lanjut dan mengakhiri pengembangan rudal balistik yang mampu mengirimkan senjata nuklir.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)