Untuk Pertama Kalinya, Penerbangan Publik dari Israel Mendarat di Arab Saudi

Rabu, 27 Oktober 2021 - 18:30 WIB
loading...
Untuk Pertama Kalinya, Penerbangan Publik dari Israel Mendarat di Arab Saudi
Ilustrasi maskapai Israel. FOTO/Jerusalem Post
A A A
RIYADH - Sebuah jet pribadi Israel mendarat di Riyadh, Arab Saudi pada Selasa (26/10/2021) pagi waktu setempat. Ini menandai pertama kalinya penerbangan publik dari Israel mendarat di wilayah Kerajaan Arab Saudi.

Seperti dilaporkan Jerusalem Post, Rabu (27/10/2021), laporan itu muncul hanya satu hari setelah penerbangan pertama dari Arab Saudi mendarat di Israel. Sebuah Emirati 737 Royal Jet mendarat di bandara Ben-Gurion, Senin (25/10/201) malam.



Meskipun tetap tidak ada penerbangan komersial antara Arab Saudi dan Israel, karena kedua negara tidak memiliki hubungan resmi, penerbangan tersebut dianggap oleh sejumlah pihak merupakan kemajuan besar dalam hubungan Saudi-Israel. Kedua negara akhirnya membuka wilayah udara mereka satu sama lain tahun lalu.

Dikelilingi oleh negara-negara yang pernah bentrok dengan Israel di masa lalu, perjalanan udara gratis bukanlah sesuatu yang diterima begitu saja di Israel. Sepanjang 2020 normalisasi hubungan dengan Bahrain, Sudan, Maroko dan UEA adalah pembukaan wilayah udara untuk penerbangan Israel, bersama dengan pengumuman penerbangan langsung ke Dubai, Maroko, dan Bahrain.

Sebelum pembukaan wilayah udara Saudi, pesawat El Al harus mengikuti rute yang panjang dan berliku ke Mumbai untuk menghindari wilayah udara Saudi, menambah kira-kira dua jam perjalanan dari Tel Aviv. Kondisi ini menempatkan maskapai Israel pada kerugian besar.



Wilayah udara selalu menjadi titik pertikaian antara Israel dan musuh-musuhnya. Negara-negara yang masih melarang penerbangan langsung dan lalu lintas udara ke dan dari Israel adalah Afghanistan, Aljazair, Bangladesh, Brunei, Iran, Irak, Kuwait, Lebanon, Libya, Malaysia, Maroko, Oman, Pakistan, Qatar, Somalia, Suriah, Tunisia, dan Yaman.

Bulan lalu, Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS), Jake Sullivan dilaporkan mengangkat gagasan Arab Saudi menormalkan hubungan dengan Israel. Hal ini dungkapkan Sulivan selama pertemuan dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) di kota Laut Merah Neom.



Mengutip tiga sumber AS dan Arab, MBS tidak menolak proposal itu. MBS dilaporkan memberi para pejabat AS daftar langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum perjanjian normalisasi semacam itu dapat bergerak maju. Langkah-langkah itu termasuk peningkatan hubungan bilateral AS-Saudi, setelah hubungan mendingin sejak pemilihan Presiden AS Joe Biden, yang lebih kritis terhadap catatan hak asasi manusia Riyadh.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken menggelar pertemuan publik dengan Menteri Luar Negeri Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud di Washington. Departemen Luar Negeri tidak menyebut Israel dalam pembacaan pertemuan itu, tetapi mengatakan bahwa “kerja sama strategis AS-Saudi mengenai isu-isu regional” telah dibahas, bersama dengan “isu-isu regional dan lebih luas lainnya”.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)