Menlu AS Minta Anggota PBB Dukung Taiwan Aktif di Pergaulan Internasional, China Protes

Rabu, 27 Oktober 2021 - 16:30 WIB
loading...
Menlu AS Minta Anggota PBB Dukung Taiwan Aktif di Pergaulan Internasional, China Protes
Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Perselisihan antara China dan Amerika Serikat (AS) mengenai Taiwan kian meningkat setelah Menteri Luar Negeri Antony Blinken menyerukan agar negara-negara anggota PBB mendukung Taiwan ambil bagian dalam badan-badan internasional. Beijing langsung melayangkan protes ke Washintong atas pernyataan Blinken ini.

Pada Selasa (26/10/2021), Blinken mendesak anggota PBB lainnya untuk menolak pernyataan kedaulatan mutlak China atas Taiwan. Blinken juga meminta negara anggota PBB untuk bergabung dengan AS dalam mendukung partisipasi independen Taiwan dalam organisasi internasional yang terkait dengan transportasi, kesehatan, perubahan iklim, budaya, dan pendidikan.



“Ketika komunitas internasional menghadapi sejumlah masalah kompleks dan global yang belum pernah terjadi sebelumnya, sangat penting bagi semua pemangku kepentingan untuk membantu mengatasi masalah ini,” kata Blinken, seperti dikutip dari South China Morning Post.

“Ini termasuk 24 juta orang yang tinggal di Taiwan. Partisipasi bermakna Taiwan dalam sistem PBB bukanlah masalah politik, tetapi masalah pragmatis,” lanjutnya.

Dia mencatat bahwa Taiwan telah dicegah untuk berpartisipasi dalam pertemuan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, meskipun menjadi pusat transit utama dan Organisasi Kesehatan Dunia. Dan, meski Taiwan telah menerjunkan tanggapan yang efektif terhadap pandemi COVID-19.



“Pengecualian Taiwan merusak pekerjaan penting PBB dan badan-badan terkaitnya, yang semuanya mendapat manfaat besar dari kontribusinya,” kata Blinken. “Itulah sebabnya kami mendorong semua Negara Anggota PBB untuk bergabung dengan kami dalam mendukung partisipasi Taiwan yang kuat dan berarti di seluruh sistem PBB dan di komunitas internasional,” tambahnya.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price menolak untuk menguraikan apa yang akan didefinisikan oleh pemerintah sebagai "partisipasi yang berarti."

Pernyataan Blinken datang hanya lima hari setelah pernyataan Presiden AS Joe Biden tentang pertahanan Taiwan dan hanya dua hari setelah Departemen Luar Negeri mengumumkan bahwa pejabat senior AS dan Taiwan bertemu secara virtual untuk membahas perluasan partisipasi Taiwan di PBB dan kelompok internasional lainnya.

China langsung memprotes pernyataan Blinken dan pemerintahan Biden berusaha mengecilkan komentar tersebut. Pejabat Gedung Putih, Departemen Luar Negeri, dan Pentagon semuanya mengatakan presiden tidak bermaksud menyiratkan perubahan apa pun dalam “kebijakan satu-China” yang diterapkan AS.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1991 seconds (0.1#10.140)