AS Lindungi Taiwan Jika Diinvasi, China: Berhati-hatilah!

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 00:38 WIB
loading...
AS Lindungi Taiwan Jika Diinvasi, China: Berhati-hatilah!
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin memperingatkan AS agar berhati-hati dalam bertindak setelah Washington janji lindungi Taiwan jika diserang Beijing. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China pada hari Jumat (22/10/2021) memperingatkan Washington untuk berhati-hati dalam bertindak dan berbicara soal Taiwan . Peringatan ini dilontarkan setelah Presiden Joe Biden mengatakan Amerika Serikat (AS) akan melindungi pulau itu jika diserang atau diinvasi Beijing.

“China tidak memiliki ruang untuk kompromi pada masalah yang melibatkan kepentingan intinya,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin.

"Washington harus bertindak dan berbicara dengan hati-hati mengenai masalah Taiwan," katanya lagi, seperti dikutip AFP.

Baca juga: Biden Bersumpah Lindungi Taiwan Jika Diserang China

Presiden Biden sebelumnya mengatakan AS berkomitmen untuk membela Taiwan jika mendapat serangan dari China. Sikap ini bertentangan dengan kebijakan "ambiguitas strategis" yang dinyatakan Amerika selama ini.

Ditanya dua kali dalam program CNN Town Hall apakah AS akan melindungi Taiwan jika China menyerang, Biden mengatakan akan melakukannya.



"Ya, kami memiliki komitmen untuk melakukan itu," katanya.

Biden mengatakan dia tidak khawatir tentang konflik militer yang disengaja dengan China tetapi mengindikasikan dia khawatir tentang eskalasi yang tidak disengaja.

"China, Rusia, dan seluruh dunia tahu bahwa kami memiliki militer paling kuat dalam sejarah dunia. Jangan khawatir apakah mereka akan menjadi lebih kuat," ujarnya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1866 seconds (11.97#12.26)