China Masih Penasaran dengan Misteri Tabrakan Kapal Selam Nuklir AS

Rabu, 27 Oktober 2021 - 05:00 WIB
loading...
China Masih Penasaran dengan Misteri Tabrakan Kapal Selam Nuklir AS
USS Connecticut, kapal selam bertenaga nuklir AS yang terlibat tabrakan dengan objek misterius di bawah Laut China Selatan pada 2 Oktober 2021. Foto/Twitter/@USPacificFleet
A A A
BEIJING - China masih penasaran dengan objek misterius yang bertabrakan dengan kapal selam bertenaga nuklir Amerika Serikat (AS) di bawah Laut China Selatan. Beijing mengatakan negara-negara Asia Pasifik kehilangan kepercayaan pada Washington yang tetap bungkam terkait misteri kecelakaan tersebut.

"Sampai hari ini, apa yang kami lihat hanyalah pernyataan singkat dan tidak jelas yang dibuat oleh militer AS setelah penundaan yang lama,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, dalam konferensi pers hari Selasa (26/10/2021), yang dilansir Russia Today.

Baca juga: Alasan Jet Tempur Siluman F-35 AS Lebih Unggul dari Su-57 Rusia dan J-20 China

Zhao, menambahkan bahwa lokasi insiden telah dikonfirmasi hanya melalui sumber China sendiri, bukan oleh AS.

“Pendekatan dan penyembunyian yang tidak bertanggung jawab di Laut China Selatan ini telah memaksa negara-negara kawasan dan masyarakat internasional untuk mempertanyakan kebenaran insiden itu,” ujar Zhao, seraya mencatat bahwa negara-negara lain juga mengharapkan jawaban atas niat AS di wilayah tersebut.

Zhao mengatakan Washington harus menjelaskan mengapa mereka mengirim kapal selam nuklir ke wilayah tersebut saat ini.



Dia menuntut AS menjelaskan sifat insiden itu secara lebih rinci, termasuk dengan apa yang telah bertabrakan dan apakah telah terjadi kebocoran nuklir dari kapal selamnya.

AS sebelumnya mengatakan tidak ada kerusakan yang terjadi pada pembangkit tenaga nuklir kapal selamnya.

"Amerika Serikat harus mengubah arahnya, menghentikan tindakan salah yang disebutkan di atas, dan memainkan peran positif dalam perdamaian dan stabilitas Laut China Selatan,” kata Zhao, seraya menambahkan bahwa Amerika adalah pendorong militerisasi terbesar di kawasan Laut China Selatan.

Baca juga: Bawa F-35, Kapal Induk Nuklir AS Carl Vinson Kembali ke Laut China Selatan

Sekadar diketahui, pada 2 Oktober 2021, kapal selam bertenaga nuklir kelas Seawolf, USS Connecticut, bertabrakan dengan objek tak dikenal saat menyelam di perairan yang diklaim oleh China. Insiden itu tidak dilaporkan selama lima hari.

Menurut militer AS, kapal itu dalam kondisi aman dan stabil. Sejak itu, USS Conneticut berlayar ke Guam untuk perbaikan.
(min)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1314 seconds (10.177#12.26)