Korsel Siap Tes Roket Luar Angkasa Pertama Buatan Dalam Negeri

Kamis, 21 Oktober 2021 - 14:12 WIB
loading...
A A A
Para ilmuwan dan insinyur di Korea Aerospace Institute berencana menguji Nuri lebih lanjut, termasuk melakukan peluncuran lain dengan perangkat tiruan pada Mei 2022, sebelum mencoba dengan satelit nyata.

Korea Selatan sebelumnya telah meluncurkan kendaraan peluncuran luar angkasa dari fasilitas antariksa Naro pada 2013, yang merupakan roket dua tahap yang dibangun terutama dengan teknologi Rusia.

Peluncuran itu terjadi setelah bertahun-tahun mengalami penundaan dan kegagalan berturut-turut.

Roket bernama Naro mencapai ketinggian yang diinginkan selama tes pertamanya pada 2009 tetapi gagal mengeluarkan satelit ke orbit, dan kemudian meledak tak lama setelah lepas landas selama tes kedua pada 2010.

Tidak jelas bagaimana Korea Utara, yang telah dituduh menggunakan upaya peluncuran luar angkasanya dalam beberapa tahun terakhir sebagai penyamaran untuk mengembangkan teknologi rudal jarak jauh, akan bereaksi terhadap peluncuran pada Kamis.

Sementara mendorong untuk memperluas program nuklir dan misilnya, Korea Utara menunjukkan kepekaan tentang peningkatan pengeluaran pertahanan Korea Selatan dan upaya membangun rudal bersenjata konvensional yang lebih kuat.

Dalam pidato di parlemen Pyongyang bulan lalu, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menuduh Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan "menghancurkan stabilitas dan keseimbangan" di kawasan itu dengan kegiatan militer sekutu mereka dan "penumpukan senjata berlebihan" yang dipimpin AS di Korsel.

Nuri ditenagai oleh propelan cair yang perlu diberi bahan bakar sesaat sebelum diluncurkan. Korea Selatan berencana mengembangkan roket peluncuran luar angkasa berbahan bakar padat pada 2024, yang mungkin dapat dipersiapkan untuk diluncurkan lebih cepat dan juga lebih hemat biaya.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)