AS Akui Tidak Tahu Cara Bertahan Lawan Rudal Hipersonik China dan Rusia

Rabu, 20 Oktober 2021 - 01:39 WIB
loading...
AS Akui Tidak Tahu Cara Bertahan Lawan Rudal Hipersonik China dan Rusia
AS akui tidak tahu cara bertahan melawan rudal hipersonik China dan Rusia. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JENEWA - Pasukan militer Amerika Serikat (AS) tidak tahu bagaimana cara bertahan terhadap sistem rudal tercanggih China dan Rusia . Hal itu diungkapkan seorang diplomat senior AS.

Pernyataan ini munculsetelah laporan mengejutkan menyatakan bahwa China menguji rudal hipersonik berkemampuan nuklir awal tahun ini. Pemerintah China sendiri telah membantah laporan tersebut, sebagai gantinya mereka mengklaim sedang menguji pesawat ruang angkasa.

“Teknologi hipersonik adalah sesuatu yang kami khawatirkan,” kata Duta Besar Robert Wood, yang mewakili Amerika Serikat pada Konferensi Perlucutan Senjata di Jenewa, Swiss.

“Kami hanya tidak tahu bagaimana kami bisa bertahan melawan teknologi itu, China juga tidak, begitu pun Rusia,” imbuhnya seperti dikutip dari Washington Examiner, Rabu (20/10/2021).

Pengakuan itu mengikuti laporan bahwa China menguji rudal hipersonik pada Agustus lalu yang mengorbit dunia tetapi meleset dari targetnya lebih dari 20 mil. Pejabat China menyangkal melakukan uji coba senjata, tetapi Wood menyebut perkembangan itu sebagai katalis untuk penumpukan senjata hipersonik.



“Kami telah melihat China dan Rusia sangat aktif menggunakan, militerisasi teknologi ini, jadi kami hanya harus merespons dengan baik,” ujarnya.

China menyatakan bahwa uji coba rudal yang dilaporkan sebenarnya adalah pesawat ruang angkasa yang dirancang untuk melakukan perjalanan pulang pergi.

“Ini adalah tes rutin pesawat ruang angkasa untuk memverifikasi teknologi kegunaan kembali pesawat ruang angkasa. Ini sangat penting untuk mengurangi biaya penggunaan pesawat ruang angkasa dan menyediakan cara yang nyaman dan murah untuk transportasi dua arah umat manusia dalam penggunaan ruang yang damai,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian kepada wartawan awal pekan ini.

"Beberapa perusahaan di seluruh dunia telah melakukan tes serupa," ia menambahkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)