Ini Alasan AS Tercengang dengan Uji Rudal Hipersonik China Berkemampuan Nuklir

Senin, 18 Oktober 2021 - 07:35 WIB
loading...
A A A
“Begitu berhasil, begitu kredibel, itu meniadakan pertahanan rudal AS dan itu membuat AS rentan dan itu harus secara fundamental mengubah perhitungan strategis AS tentang pengaruh dan kemampuan China terhadap kota-kota besar di seluruh Amerika Serikat.”

Michael Shoebridge, direktur pertahanan, strategi dan keamanan nasional di Australian Strategic Policy Institute, mengatakan rudal balistik antarbenua (ICBM) tradisional yang membawa senjata nuklir tetap sangat mampu dan mengancam senjata pemusnah massal yang sangat sulit untuk dipertahankan.

“Pendekatan peluncuran dan sistem pengiriman hulu ledak lainnya, seperti sistem pemboman orbital pecahan yang dikombinasikan dengan kendaraan luncur hipersonik, memiliki lintasan yang berbeda dengan ICBM,” katanya.

“Peluncuran dan signature infra-merah dari senjata kemungkinan besar akan dapat dideteksi, tetapi sistem pertahanan perlu diarahkan ke tantangan yang berbeda dari cara serangan alternatif ini," katanya.

Tetapi Shoebridge menekankan bahwa senjata nuklir AS akan tetap mampu menyerang target China dan dengan demikian memberikan pencegah yang kredibel bagi Beijing yang mempertimbangkan untuk menggunakan ini atau senjata nuklir ofensif lainnya terhadap AS.

“Analisis perkembangan senjata baru China [adalah] penting, meskipun penilaian bersih dari dampaknya harus mencakup kemampuan berkelanjutan AS untuk menargetkan target daratan China dengan senjata nuklirnya," katanya.

“Itu adalah masalah utama selama Perang Dingin, di mana Uni Soviet dan AS mengembangkan senjata baru, dan keduanya menyadari keuntungan bersama dari perjanjian kontrol dan verifikasi senjata. Kami jauh dari Beijing yang memiliki firasat bahwa ini penting," paparnya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0757 seconds (0.1#10.140)