Rusia Pertimbangkan Bentuk Armada Arktik

loading...
Rusia Pertimbangkan Bentuk Armada Arktik
Rusia pertimbangkan bentuk armada Arktik. Foto/Ilustrasi
SEVASTOPOL - Sebuah divisi baru Angkatan Laut Rusia , Armada Arktik , dapat dibentuk untuk memastikan keselamatan Rute Laut Utara. Hal itu diungkapkan oleh seorang sumber di Angkatan Laut Rusia.

“Armada Arktik Rusia, sebuah struktur baru, sedang dipertimbangkan. Ini akan menjadi formasi terpisah di dalam Angkatan Laut, dan tanggung jawabnya adalah untuk memastikan keamanan Rute Laut Utara dan pantai Arktik di wilayah tanggung jawab Angkatan Laut Utara dan armada Pasifik," kata sumber itu seperti dikutip dari TASS, Rabu (13/10/2021).

Menurut sumber tersebut, pembuatan armada ini akan memungkinkan armada Utara dan Pasifik untuk fokus menyelesaikan misi tempur.

Baca juga: Bomber Rusia Latihan Tembak Rudal Jelajah di Arktik



“Rencananya infrastruktur asosiasi baru akan terpisah dari armada Utara dan Pasifik. Di masa depan, akan ada kapal dan peralatan khusus yang cocok untuk Kutub Utara,” kata sumber.

Belum ada informasi resmi tentang pembuatan armada Arktik ini.

Angkatan Laut adalah cabang dari Angkatan Bersenjata Rusia dan terdiri dari formasi operasional dan strategis: armada Baltik, Pasifik, Laut Hitam, dan armada Kaspia. Ada cabang terpisah dari Angkatan Laut Rusia yang merupakan penerbangan angkatan laut, marinir dan pasukan rudal dan artileri pantai.

Pada bulan Mei, Rusia membuka pangkalan militer Arktik yang canggih, yang dirancang untuk memperluas jangkauan potensial Moskow di seluruh wilayah dan untuk bertindak sebagai landasan potensial bagi pembom berat berkemampuan nuklir. Terletak di kepulauan Franz Josef Land, pembangunannya dilakukan sebagai bagian dari rencana untuk memperkuat perbatasan utara negara itu.

Baca juga: Rusia Bentuk Divisi Pertahanan Udara di Arktik

Sebelumnya pada bulan Maret tahun lalu, Rusia telah membentuk divisi pertahanan udara di wilayah Arktik. Pembentukan divisi ini untuk menjamin keamanan Rute Laut Utara, jalur pengiriman utama Arktik Rusia.
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top