Bomber Rusia Latihan Tembak Rudal Jelajah di Arktik

Jum'at, 09 Juli 2021 - 04:37 WIB
loading...
Bomber Rusia Latihan Tembak Rudal Jelajah di Arktik
Pesawat-pesawat pembom Rusia melakukan latihan tembak rudal jelajah di Kutub Utara. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia mengkonfirmasi bahwa dua jet pembomnya telah melakukan serangkaian latihan bertahap di wilayah Arktik negara itu. Pesawat-pesawat pembom itu berlatih menembakkan roket dan melepaskan tembakan dari senjata mereka.

Dua pesawat tempur jarak jauh, jet hipersonik Tupolev Tu-160 dan Tu-95ms berplatform rudal, lepas landas dari lapangan terbang dekat kota Saratov, Rusia tengah. Keduanya kemudian terbang 4.000 kilometer ke utara untuk latihan.

Dalam latihan itu, pesawat pembom Rusia menyerang target simulasi di tanah dengan rudal jelajah yang diluncurkan dari udara. Dalam sebuah video yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia, salah satu pesawat pembom itu terlihat menembakkan peluru dari meriam berat seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (9/7/2021).



Langkah itu dilakukan hanya satu bulan setelah diplomat Moskow mengecam rencana jet tempur Amerika Serikat (AS) dan NATO untuk melakukan latihan tempur bersama di wilayah Arktik. Latihan itu, kata mereka, provokatif dan memperingatkan bahwa latihan itu akan berdampak besar pada pembangunan kepercayaan di Eropa.

Para diplomat Moskow juga berpendapat bahwa tindakan tersebut bertentangan dengan komitmen internasional untuk memastikan pembangunan kawasan Arktik yang berkelanjutan dan damai.

Pada bulan Mei, Rusia membuka pangkalan militer Arktik yang canggih, yang dirancang untuk memperluas jangkauan potensial Moskow di seluruh wilayah dan untuk bertindak sebagai landasan potensial bagi pembom berat berkemampuan nuklir. Terletak di kepulauan Franz Josef Land, pembangunannya dilakukan sebagai bagian dari rencana untuk memperkuat perbatasan utara negara itu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0776 seconds (0.1#10.140)