Sosok Raja Salman Arab Saudi: Hafal Alquran Usia 12 Tahun, Tinggalkan Obama demi Salat Ashar

loading...
Sosok Raja Salman Arab Saudi: Hafal Alquran Usia 12 Tahun, Tinggalkan Obama demi Salat Ashar
Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Kerajaan Arab Saudi. Dia hafal Alquran pada usia 12 tahun. Foto/Saudi Press Agency/Handout via REUTERS
RIYADH - Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud adalah pemimpin Kerajaan Arab Saudi saat ini. Dia tercatat sebagai raja yang sudah hafal seluruh Alquran saat berusia 12 tahun.

Raja Salman dinobatkan sebagai raja ketujuh Arab Saudi pada 23 Januari 2015 setelah wafatnya Raja Abdullah bin Abdulaziz. Almarhum Raja Abdullah adalah kakak Raja Salman.

Baca juga: Mantan Bos Mossad: Israel Harus Mengebom Reaktor Nuklir Iran

Raja Arab Saudi ini pernah berkunjung ke Indonesia pada Maret 2017 silam. Kunjungannya saat itu menjadi pusat perhatian publik di negara ini karena fasilitas mewah yang menyertainya.



Mengutip laporan pers lokal yang dikutip CNN, Raja Salman lahir di Riyadh pada 5/10/1354 H bertepatan dengan 31 Desember 1935. Dia menerima pendidikan awal di Prince's School [Sekolah Pangeran] dan merayakan selesainya menghafal seluruh Alquran pada hari Minggu, 12/8/1364 H.

Penghafal Alquran dipandang dengan kehormatan dan penghargaan tertinggi dalam masyarakat Muslim.

Setelah menyelesaikan hafalan Alquran, Raja Salman belajar agama dan ilmu pengetahuan modern di lembaga yang sama yang didirikan oleh ayahnya; Raja Abdulaziz al-Saud, pada tahun 1356 untuk memberikan pendidikan bagi anak-anaknya.

Sebagai presiden "Prince Salman Prize for Memorizing Quran" untuk anak laki-laki dan perempuan di Arab Saudi, dia mendorong sesama warga untuk belajar dan menghafal Alquran.

Sebagai penganut setia ajaran Alquran, Raja Salman pernah mengatakan dalam salah satu pidatonya: "Alquran adalah salah satu karunia besar yang dianugerahkan oleh Allah SWT kepada umat Islam, dan ketika kita mematuhi ajaran Alquran kita akan tetap dihormati dan kuat, dan jika kita gagal melakukannya maka kita akan dipermalukan dan terpecah belah.”
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top