Terungkap, China Uji Coba Kapal Drone Bersenjata di Pangkalan Rahasia

Rabu, 13 Oktober 2021 - 00:32 WIB
loading...
Terungkap, China Uji Coba Kapal Drone Bersenjata di Pangkalan Rahasia
Citra satelit Maxar mengungkap pangkalan Agkatan Laut rahasia yang digunakan China untuk menguji coba kapal permukaan nirawak bersenjata. Foto/Maxar Technologies via USNI News
A A A
BEIJING - Militer China terungkap telah menguji coba Uncrewed Surface Vessels (USV) atau kapal permukaan drone bersenjata di sebuah pangkalan Angkatan Laut yang dirahasiakan.

Dari citra satelit yang diperoleh USNI News, Selasa (12/10/2021), pangkalan rahasia itu adalah bekas resor wisata di pantai utara China. Itu menjadi tempat Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) mengembangkan beberapa program Angkatan Laut-nya yang paling rahasia, dan sebelumnya tidak dilaporkan.



Menurut citra satelit Maxar dan analisis intelijen, dermaga di dekat Dalian adalah tempat China menguji USV bersenjata.

Pembangunan dermaga baru itu dimulai pada awal 2016 dan memakan waktu sekitar satu tahun.

Sejak itu, pangkalan rahasia tersebut telah digunakan sebentar-sebentar oleh PLAN.

Saat digunakan, dua tongkang kerja besar ditambatkan di samping untuk menyediakan fasilitas dasar bagi kru dan staf pendukung. Fasilitas itu sendiri hanya memilikikemiripan paling dasar dari pangkalan militer.

Secara keseluruhan menunjukkan bahwa itu adalah fasilitas tambahan, yang digunakan untuk mendukung uji coba dan latihan jangka pendek.

Kapal selam juga terpantau ada di dermaga tersebut. Pada satu kesempatan, menurut foto satelit, kapal Type-035 Kelas Ming terlihat melakukan tes pemberat sisi dermaga.

Fasilitas tersebut dapat digunakan sebagai tumpahan untuk pangkalan Angkatan Laut Xiaopingdao di dekatnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)