Ulama Syiah Sadr Menang Pemilu Irak, Mantan Perdana Menteri Maliki Nomor 2

Selasa, 12 Oktober 2021 - 06:32 WIB
loading...
A A A
Seorang juru bicara kantor Sadr mengatakan jumlahnya mencapai 73 kursi. Outlet berita lokal menerbitkan angka yang sama.

Seorang pejabat di komisi pemilu Irak mengatakan Sadr unggul tetapi tidak segera mengkonfirmasi berapa banyak kursi yang dimenangkan partainya.

Hasil awal juga menunjukkan bahwa calon pro-reformasi yang muncul dari protes 2019 telah memperoleh beberapa kursi di parlemen yang beranggotakan 329 orang.

Partai-partai yang didukung Iran dengan hubungan pada kelompok-kelompok milisi memenangkan lebih sedikit kursi daripada dalam pemilu terakhir pada 2018, menurut hasil awal dan pejabat lokal.

Sadr telah meningkatkan kekuasaannya atas Irak sejak menjadi yang pertama dalam pemilu 2018 di mana koalisinya memenangkan 54 kursi.

Ulama populis yang tak terduga ini telah menjadi tokoh dominan dan sering menjadi raja dalam politik Irak sejak invasi AS.

Dia menentang semua campur tangan asing di Irak, baik oleh AS, yang melawan pemberontakannya setelah 2003, atau oleh negara tetangga Iran. Dia mengkritik Iran karena keterlibatannya yang dekat dalam politik Irak.

Sadr, bagaimanapun, secara teratur berada di Iran, menurut pejabat yang dekat dengannya, dan telah menyerukan penarikan pasukan AS dari Irak.

Washington masih mempertahankan kekuatan sekitar 2.500 dalam perang berkelanjutan melawan Negara Islam (ISIS).

Pemilu di Irak sejak tahun 2003 telah diikuti negosiasi yang berlarut-larut yang dapat berlangsung berbulan-bulan dan berfungsi mendistribusikan jabatan pemerintah di antara partai-partai dominan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)