Taliban Tuntut Ganti Rugi Perang Afghanistan kepada Inggris

Minggu, 10 Oktober 2021 - 13:30 WIB
loading...
Taliban Tuntut Ganti Rugi Perang Afghanistan kepada Inggris
Taliban menuntut ganti rugi perang Afghanistan kepada Inggris dan negara-negara lain. Foto/Ilustrasi
A A A
KABUL - Taliban , yang kini memerintah Afghanistan , akan mendesak Inggris dan negara-negara lain untuk memberikan ganti rugi atas perang 20 tahun di negara itu. Laporan di Kabul menunjukkan permintaan itu sudah dekat dan Taliban yakin Inggris akan melakukannya.

“Inggris siap membayar ganti rugi perang kepada kami, dan kami menyambutnya. Negara-negara lain yang terlibat dalam perang juga harus siap membayar,” ujar pejabat Kementerian Informasi dan Kebudayaan Afghanistan Noor Mohammad Mutawakel seperti dikutip dari Mirror, Minggu (10/10/2021).

Sebuah sumber di pemerintah Inggris membenarkan hal ini.

“Kami belum tahu apa yang akan mereka minta, tetapi itu bisa mencapai miliaran di semua orang yang terlibat. Apakah kita membayarnya atau tidak adalah masalah yang berbeda,” ujarnya.

Ekonomi Afghanistan saat ini berada di ambang batas. PDB-nya akan menyusut 10% tahun ini dan 5% pada 2022-23.

Banyak kekuatan asing membekukan aset Afghanistan yang disimpan di luar negeri dengan Amerika Serikat (AS) sendiri memegang USD9,5 miliar. Tapi permintaan ganti rugi ini dipandang kontroversial setelah Taliban membunuh begitu banyak warga Afghanistan yang menjadi sekutu Barat.



“Ini adalah kemarahan bagi kelompok teroris yang mengambil alih negara untuk menuntut reparasi dari negara-negara yang berperang di Afghanistan untuk mendukung pemerintah yang sah," ucap Kolonel Richard Kemp, mantan komandan pasukan Inggris di Afghanistan.

“Pemerintah Inggris seharusnya tidak berpikir untuk membayar sepeser pun kepada para pembunuh yang haus darah ini. Ini akan menjadi yang pertama dari banyak tuntutan dari rezim yang mampu membunuh, menyiksa dan menundukkan penduduk – dan mendorong negara menuju kehancuran,” tuturnya

Berita itu muncul di tengah lebih banyak kekacauan dan pertumpahan darah di Afghanistan. Pada hari Jumat seorang pembom bunuh diri ISIS menewaskan sedikitnya 50 orang di kota utara Kunduz.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)