Eks Pengawal Klaim Punya Video Mantan Presiden Ghani Kabur dengan Tas Berisi Uang

Minggu, 10 Oktober 2021 - 10:12 WIB
loading...
A A A
Saat ini, Sharifi dilaporkan bersembunyi di ruang bawah tanah di Afghanistan. Pria itu mengatakan bahwa dia dicari oleh Taliban, dengan kelompok militan menawarkan hadiah yang setara dengan hampir $ 14.000 untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya.

Ghani dan keluarganya melarikan diri dari istana kepresidenan dan terbang ke Uni Emirat Arab pada 15 Agustus, saat gerilyawan Taliban memasuki Kabul. Ketika dia akhirnya membuat pernyataan publik tiga hari kemudian, dia membantah laporan bahwa dia telah meninggalkan jabatannya dan membawa uang curian bersamanya.



Saat itu Ghani mengatakan dia meninggalkan negara itu hanya dengan pakaian di punggungnya untuk menghindari pertumpahan darah dari pererbutan kekuasaan. Dia kembali mengeluarkan pernyataan yang menyangkal laporan itu pada bulan September, dengan mengatakan tuduhan korupsi terhadapnya “sepenuhnya salah.”



Kedutaan Rusia di Kabul adalah pihak pertama yang melaporkan bahwa Ghani meninggalkan negara itu dengan empat mobil dan satu helikopter penuh uang.

"Dia telah mengambil begitu banyak uang, bahkan sebagian harus ditinggalkan karena tidak muat di pesawat," kata juru bicara kedutaan Nikita Ishchenko saat itu, menurut RIA Novosti.



Kedutaan Afghanistan di Tajikistan menuntut penangkapannya, mengatakan dia mencuri USD169 juta dari kas negara.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)