Rusia: Satelit Starlink Elon Musk Bisa Membajak Rudal saat Terbang

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 06:04 WIB
loading...
A A A
Undang-undang, yang belum disahkan, mengusulkan denda hingga 30.000 rubel terhadap pengguna biasa, dan satu juta rubel terhadap perusahaan yang menggunakan Starlink.

Rusia pada prinsipnya tidak menentang gagasan internet berbasis satelit, dengan beberapa jaringan komunikasi berbasis satelit seluler global, termasuk Inmarsat, Globalstar, Thuraya dan Iridium, menyediakan transmisi suara dan data dengan kecepatan rendah kepada klien dan bermitra dengan perusahaan yang berbasis di Rusia, yang bekerja sesuai dengan undang-undang negara.

Pada saat yang sama, Roscosmos berencana menyebarkan layanan internet satelit berbasis ruang angkasanya sendiri, yang dikenal sebagai internet Sfera (Sphere) pada 2030.

Cluster pertama dari 288 satelit yang beroperasi 870 km di orbit diharapkan akan beroperasi pada 2025.

Proyek ini membayangkan jaringan global dengan total sekitar 600 satelit, dan untuk menggabungkan satelit baru dengan kemampuan yang ada, termasuk sistem navigasi satelit GLONASS Rusia, sistem penginderaan jauh, dan jaringan lainnya.

Bulan lalu, Andrei Ionin, analis senior di Asosiasi Transportasi dan Logistik Digital Rusia, mengatakan kepada surat kabar Rusia Gazeta.ru bahwa internet satelit adalah elemen penting dari ekonomi digital.

Dia menekankan, “jika Anda tidak memiliki ruang berbasis sistem internet, Anda tidak memiliki kedaulatan dalam ekonomi digital.”

Starlink saat ini memiliki sekitar 100.000 klien. Proyek ini sekarang dalam tahap beta. Musk mengharapkan sekitar 500.000 pengguna untuk terhubung pada 2022.

SpaceX mengharapkan menghabiskan sekitar USD30 miliar untuk proyek tersebut, dengan jumlah yang tidak ditentukan berasal dari subsidi pemerintah AS.

Peralatan penerima Starlink berharga sekitar USD500 per alat, dan dijual dengan kerugian oleh SpaceX, yang memproduksinya dengan harga sekitar USD1.000 per set.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)