Iran akan Terus Dukung Lebanon dengan Pengiriman Bahan Bakar Minyak

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 05:29 WIB
loading...
Iran akan Terus Dukung Lebanon dengan Pengiriman Bahan Bakar Minyak
Pengiriman pertama BBM dari Iran tiba di kota Baalbek, Lebanon timur, 16 September 2021. Foto/anadolu
A A A
TEHERAN - Iran bertujuan terus mengirim produk bahan bakar minyak (BBM) ke Lebanon di masa depan dan berharap kesepakatan bilateral dapat dicapai untuk tujuan itu.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Hossein Amirabdollahian mengatakan hal itu selama kunjungan ke Beirut pada Jumat (8/10/2021).

Kelompok Syiah Hizbullah Lebanon telah mengoordinasikan pengiriman bahan bakar Iran untuk Lebanon sejak Agustus karena krisis BBM meluas di tengah krisis ekonomi, meskipun ada sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap penjualan minyak Iran.



Perdana Menteri (PM) Lebanon Najib Mikati mengatakan pengiriman Iran merupakan pelanggaran kedaulatan negaranya.



"Setiap saat jika pemerintah Lebanon meminta Iran secara resmi dalam konteks ikatan persaudaraan mereka ... Iran siap mengirim produk bahan bakar," ujar Amirabdollahian pada konferensi pers.



Amirabdollahian mengadakan pembicaraan dengan Mikati dan presiden Lebanon kemarin.

Iran mengirimkan bahan bakar minyak yang difasilitasi Hizbullah ke pelabuhan Baniyas di Suriah dan dari sana BBM diangkut dengan truk ke Lebanon. Suriah juga berada dalam sanksi AS.

Langkah pada Agustus untuk mendapatkan bahan bakar untuk Lebanon pada saat kekurangan parah menghambat kehidupan sehari-hari menandai perluasan peran Hizbullah di Lebanon.

Amirabdollanhian mengatakan dia berharap Lebanon akan mendapatkan pengabaian sanksi untuk memiliki lebih banyak kerja sama dengan Iran.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2031 seconds (0.1#10.140)