Kasus-kasus Rasisme Terkenal di Berbagai Negara

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 14:51 WIB
loading...
Kasus-kasus Rasisme Terkenal di Berbagai Negara
Para warga Amerika Serikat saat demo menentang rasialisme setelah pria kulit hitam, George Floyd, dibunuh pria kulit putih. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Rasisme atau rasialisme adalah suatu paham yang merasa ras diri sendiri merupakan ras yang paling tinggi daripada ras lainnya.
Tindakan rasialisme bahkan berpuncak pada diskriminasi dan pembantaian secara sistemik.

Berikut ini kasus-kasus rasismeyang terkenal di beberapa negara:

1. Amerika Serikat

Meski mencitrakan diri sebagai kiblat demokrasi dunia, rasialisme kerap melanda di berbagai negara bagian di Amerika Serikat seperti Arizona, Missouri, dan Mississppi.

Baca juga: Bos Media China Desak Beijing Habisi Pasukan AS di Taiwan

Rasialisme marak di era pemerintahan Presiden Donald Trump. Contoh yang terkenal adalah tiga pria kulit hitam Breonna Taylor, George Floyd, dan Jacob Blakce yang dibunuh oleh polisi berkulit putih.

Tak hanya warga kulit hitam, orang-orang keturunan atau etnis Asia juga menjadi target serangan bermotif rasialisme. Mereka jadi target serangan sejak pandemi COVID-19 melanda dunia. Para penyerang meyakini, orang-orang etnis Asia sebagai pembawa virus.

2. Israel

Rasisme semakin terang-terangan di Israel dengan pengesahan UU Bangsa Yahudi pada tahun 2018 oleh Parlemen setempat.

UU ini mengeklaim negara Israel merupakan tanah air historis hanya bagi orang Yahudi. Undang-undang ini memicu kekhawatiran internasional karena orang Arab yang tinggal di negara itu menjadi target secara terlembaga.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1847 seconds (11.97#12.26)