Wajah Reynhard Sinaga Babak Belur setelah Dihajar Korban Pemerkosaannya

Selasa, 05 Oktober 2021 - 23:13 WIB
loading...
Wajah Reynhard Sinaga Babak Belur setelah Dihajar Korban Pemerkosaannya
Wajah Reynhard Sinaga babak belur (kanan) setelah korban terakhir yang dia perkosa menghajarnya. Foto/GMP
A A A
MANCHESTER - Foto wajah pelaku pemerkosaan Reynhard Sinaga terlihat babak belur setelah dia dihajar korban terakhirnya yang dia pikat menuju apartemennya. Foto itu dirilis kepolisian Inggris dan The Sun pada Selasa (5/10/2021).

Reynhard Sinaga merupakan pemerkosa paling produktif di Inggris yang kasusnya menggemparkan dunia.

Reynhard Sinaga terlihat babak belur wajahnya dengan dua mata hitam, memar di dahinya dan memiliki strip plester yang menyatukan alisnya setelah salah satu korbannya dengan berani melawannya.



Foto wajah yang babak belur dan memar itu berasal dari tahun 2017 ketika Sinaga (38) pertama kali ditangkap Kepolisian Greater Manchester.



Gambar itu telah dirilis untuk pertama kalinya menjelang film dokumenter BBC, Catching a Predator, ditayangkan.



Pemerkosa obsesif itu menyerang lebih dari 200 pria, dan dipenjara seumur hidup tahun lalu, tetapi dia sebelum ditangkap telah bebas berkeliaran selama lebih dari satu dekade.

Kejahatannya yang mengerikan baru terungkap setelah dia ditemukan berlumuran darah di lantai kamar mandi apartemennya di Princess Street, pusat kota Manchester pada Juni 2017.

Sinaga tiba di Inggris pada 2007 untuk belajar di Universitas Manchester dan dapat tetap melanjutkan pendidikan tinggi berkat ayahnya yang kaya.

Sinaga dipukuli begitu parah oleh seorang remaja yang dia bujuk ke apartemennya. Melihat lukanya, para profesional medis mengira dia mengalami pendarahan di otak.

Korban remaja pemain rugby berhasil melarikan diri dari apartemen Sinaga di dekat Gay Village, dan memanggil layanan darurat untuk merawat Sinaga.

Sinaga direkam di CCTV sedang ditandu, bangun dan pingsan dari kesadaran serta dilarikan ke MRI.

Meskipun mengetahui bahwa dia telah melakukan pemerkosaan yang mengerikan terhadap ratusan pria, Sinaga dengan dingin bertanya kepada seorang perawat ketika dia datang apakah dia telah diserang secara seksual.

Korban terakhirnya adalah kunci membuka kedok pemerkosa yang produktif itu. Sinaga menargetkan pria lajang dan membawa mereka kembali ke apartemennya sebelum membius mereka dengan GBH atau GBL.

Sinaga menyamar sebagai Orang Samaria yang Baik dan berpura-pura membantu remaja itu mencari teman-temannya, tetapi korbannya terbangun di tengah pemerkosaan.

Berbeda dengan korban lainnya, remaja itu berhasil melawan dengan memukuli Sinaga dan melarikan diri dari apartemen itu dengan membawa telepon milik Sinaga.

Menelepon polisi, korban pemberani itu berkata, “Halo, saya baru saja, saya keluar tadi malam dan kemudian seseorang membawa saya ke rumahnya yang tidak ingin saya diajaknya, tidak membiarkan saya meninggalkan rumahnya, dan dia akhirnya mencoba memperkosa saya.”

“Saya mencoba mendorongnya menjauh, saya berlumuran darah karena saya mencoba memukulnya untuk menjauh dari saya. Saya tahu itu kekerasan, tetapi saya harus memukulnya beberapa kali hanya untuk menghentikannya menyerang saya, dia berada di atas saya,” papar dia.

"Dia menjebakku di rumahnya hampir sepanjang malam. Saya harus melakukannya, saya tahu itu kekerasan, tetapi saya harus memukulnya beberapa kali hanya untuk menghentikannya menyerang saya, berada di atas saya,” ungkap korban pemerkosaan itu.

“Aku harus melakukannya. Saya punya darah di tangan saya jika Anda ingin melihat? Potong, saya pikir dia mungkin tertangkap jadi, jika Anda harus, Anda mungkin harus menelepon ambulans karena saya sudah, saya harus memukulnya beberapa kali untuk menjauhkannya dari saya,” ujar dia.

Remaja itu ditangkap karena dicurigai menyebabkan luka fisik yang parah dengan sengaja, tetapi dia menyerahkan bukti kunci kepada polisi untuk menangkap Sinaga yakni iPhone-nya.

Sinaga memfilmkan berbagai serangan pemerkosaan yang dilakukannya di dua ponsel, dan terus memberikan kode PIN yang salah kepada polisi untuk perangkat tersebut.

Tetapi ketika dia akhirnya menyerahkan PIN, dia ditangkap karena dicurigai melakukan satu pemerkosaan, dan diborgol ke tempat tidurnya sebelum dipulangkan dan ditanyai polisi dua hari kemudian.

Sinaga yang dikenal sebagai 'Rey' oleh teman-temannya itu menyimpan "piala" dari para korbannya, seperti paspor dan dompet.

Ketika besarnya pelanggaran Sinaga terungkap, detektif harus mengidentifikasi orang-orang dalam video itu. Polisi menemukan mereka dan menjelaskan bahwa mereka yakin mereka telah menjadi sasaran pemerkosa.

Salah satu korban, Daniel, dari Hastings di East Sussex, baru mengetahui apa yang terjadi padanya ketika polisi menunjukkan kepadanya foto-foto yang diambil Sinaga pada 2015.

Berbicara tentang serangan itu, dia berkata, “Anda dapat melihat saya koma. Aku terlihat mati. Ini mengerikan untuk dilihat.”

"Saya berada di sofa, berpakaian lengkap ketika saya bangun. Saya tidak dapat mengingat apa pun. Kemudian saya melihat kaki seseorang berjalan berputar-putar dan saya hanya membeku. Saya tidak bisa menjelaskan di mana saya berada pada pasangan saya,” tutur dia.

“Saya tidak pernah berpikir untuk melaporkannya ke polisi. Mengatakan sebagai seorang pria saya telah diperkosa adalah hal yang sulit,” ujar dia.

"Itu membuatmu merasa sangat rentan," papar dia.

Karena dia tidak ingat serangan itu, dia harus dilacak oleh polisi untuk berbicara dengan mereka tentang insiden mengerikan itu.

Itu berarti polisi harus menemukannya dan ketukan di pintu itu adalah sesuatu yang tidak akan pernah dia lupakan.

Daniel menangis tersedu-sedu dalam film dokumenter itu ketika dia mengingat polisi yang memberitahunya bahwa dia akan diperkosa.

Dia menambahkan, “Ketika polisi muncul, saya bisa tahu dari cara dia melihat saya. Aku tahu dia tahu. Tidak dapat disangkal bahwa itu saya. Anda bisa melihat tato saya.”

"Ada sedikit kelegaan karena Anda tahu apa yang akhirnya terjadi dan Anda bisa memahaminya, tetapi mungkin bukan kelegaan yang Anda inginkan," ungkap dia.

Sinaga dinyatakan bersalah atas 136 pemerkosaan dan 14 serangan seksual, pelanggaran terbanyak yang dilakukan oleh satu terdakwa dalam sejarah kriminal Inggris.

Tuduhan tersebut terkait dengan 48 pria yang diidentifikasi dan semuanya terjadi antara Januari 2015 dan Mei 2017.

Tetapi polisi percaya bahwa dia bisa bersalah karena menyerang setidaknya 206 korban demi kesenangannya selama satu dekade.

Laki-laki jarang melaporkan serangan pemerkosaan sehingga polisi tidak tahu ada predator berantai di tengah-tengah mereka.

Sinaga telah digambarkan oleh seorang detektif sebagai "narsisis dan psikopat", dan dicap "sangat berbahaya, licik, dan penipu" oleh hakim yang memenjarakannya.

Dia saat ini menjalani hukuman 40 tahun di HMP Wakefield, yang dikenal sebagai 'Monster Mansion', dan juga dihukum karena delapan percobaan pemerkosaan.

Secara total, 155 pria menghubungi Kepolisian Greater Manchester (GMP) ketika rincian kejahatannya diketahui publik pada Januari 2020.

Dari mereka, 23 orang telah diidentifikasi sebagai korban oleh detektif, dan semuanya tidak melanjutkan penuntutan karena mereka puas dengan hukumannya saat ini.

GMP terus mendesak siapa pun yang percaya bahwa mereka mungkin telah menjadi korban Sinaga untuk melapor.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)