Ketegangan Meningkat, Azerbaijan Tutup Kantor Perwakilan Khamenei di Baku

Selasa, 05 Oktober 2021 - 22:07 WIB
loading...
Ketegangan Meningkat, Azerbaijan Tutup Kantor Perwakilan Khamenei di Baku
Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev bertemu Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei di Teheran, Iran, pada 1 November 2017. Foto/twitter
A A A
BAKU - Azerbaijan pada Selasa (5/10/2021) menutup kantor perwakilan Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei di Baku. Penutupan terjadi seiring meningkatnya ketegangan antara dua negara.

“Pihak berwenang Azerbaijan menutup masjid dan kantor Ali-Akbar Ojaghnejad,” ungkap pernyataan kantor berita semi-resmi Tasnim, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Ketegangan antara Teheran dan Baku telah meningkat selama sepekan terakhir.



Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev pekan lalu mengkritik Iran karena mengadakan latihan militer di dekat perbatasan negaranya.



“Setiap negara dapat melakukan latihan militer apa pun di wilayahnya sendiri. Itu hak kedaulatan mereka. Tapi kenapa sekarang, dan kenapa di perbatasan kita?” ujar Aliyev mengatakan dalam wawancara yang diterbitkan Senin (4/10/2021) oleh kantor berita Anadolu yang dikelola pemerintah Turki.



Sebagai tanggapan, Iran mengatakan latihan di dekat perbatasan dengan Azerbaijan adalah “pertanyaan tentang kedaulatan.”

Terlepas dari kritik Aliyev, tentara Iran memulai latihan militer di dekat perbatasan Iran dengan Azerbaijan pada Jumat. Iran dan Azerbaijan berbagi perbatasan sekitar 700 kilometer.

Iran mewaspadai hubungan Azerbaijan dengan Israel, yang merupakan pemasok utama senjata ke Baku.

Teheran juga waspada terhadap kaum nasionalis di Turki dan Azerbaijan yang mengipasi kecenderungan separatis di antara populasi etnis Azeri yang cukup besar di Iran.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)