UEA Wanti-wanti Risiko 'Perang Dingin' China-AS

Minggu, 03 Oktober 2021 - 19:38 WIB
loading...
UEA Wanti-wanti Risiko Perang Dingin China-AS
UEA wanti-wanti risiko Perang Dingin antara China dan AS. Foto/Ilustrasi
A A A
ABU DHABI - Pejabat tinggi Uni Emirat Arab (UEA) telah membunyikan alarm tentang meningkatnya ketegangan antara China dan Amerika Serikat (AS). Ia memberikan salah satu peringatan regional paling keras tentang persaingan di antara kedua kekuatan itu.

"Kami semua sangat khawatir, dengan Perang Dingin yang membayangi," kata penasihat diplomatik kepresidenan UEA Anwar Gargash.

“Itu adalah berita buruk bagi kita semua karena gagasan memilih bermasalah dalam sistem internasional, dan saya pikir ini tidak akan menjadi perjalanan yang mudah,” imbuhnya seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu (3/10/2021).



Persaingan geopolitik antara AS dan China sedang menguji kesetiaan negara-negara di Teluk yang kaya minyak. Terlepas dari kerja sama erat selama beberapa dekade dengan AS, termasuk dengan menjadi tuan rumah pangkalan militer, China telah muncul sebagai penyeimbang ekonomi utama bagi Amerika. Sekarang bahkan menjadi pembeli minyak mentah terbesar dari Teluk.

“Ini akan menjadi tantangan besar bagi kita semua,” ujar Gargash. “Bagi kami di sini di UEA, Amerika Serikat adalah mitra strategis utama kami, tetapi China adalah mitra ekonomi nomor satu atau dua kami dengan India,” ia menambahkan.

UEA, sekutu penting AS di Timur Tengah, telah berada di bawah tekanan untuk menghentikan dorongan membangun hubungan militer dan ekonomi yang lebih kuat dengan China, yang mencari peningkatan pengaruh di kawasan itu.



"China akan terus menjadi sangat penting," ucap Gargash. “Sementara arah Amerika adalah sesuatu yang dapat Anda peroleh dari berbagai bacaan dan konferensi dan diskusi, memahami arah China, saya pikir, lebih buram,” pungkasnya.

Sebelumnya Pemerintahan Biden mendesak UEA untuk menghapus Huawei Technologies Co. dari jaringan telekomunikasinya dan mengambil langkah lain untuk menjauhkan diri dari China, meningkatkan risiko bahwa pembelian jet dan drone F-35 oleh negara itu mungkin dipertaruhkan, Bloomberg melaporkan pada bulan Juni.

AS meminta UEA untuk menghapus peralatan Huawei dari jaringannya dalam empat tahun ke depan sebelum dijadwalkan untuk mendapatkan F-35 pada tahun 2026 atau 2027. Namun pejabat Abu Dhabi telah menjawab bahwa mereka akan membutuhkan waktu yang lebih lama ditambah alternatif yang terjangkau.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)