Polisi Israel Cegah Warga Palestina Shalat di Al-Aqsa

Rabu, 29 September 2021 - 19:11 WIB
loading...
Polisi Israel Cegah Warga Palestina Shalat di Al-Aqsa
Warga Palestina shalat ketika polisi Israel berkumpul selama bentrokan di kompleks Masjid Al-Aqsa pada 7 Mei 2021 lalu. Foto/REUTERS/Ammar Awad
A A A
YERUSALEM - Polisi Israel mencegah warga Palestina Israel melakukan perjalanan ke Masjid al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki. Mereka beralasan itu aksi provokasi, hanya sehari setelah pemukim Israel menyerbu tempat suci itu.

Sumber-sumber lokal melaporkan polisi Israel menghentikan sebuah bus yang membawa jamaah dari kota Umm al-Fahm Palestina-Israel dalam perjalanan ke Masjid Al-Aqsa pada hari Selasa saat fajar. Tidak hanya itu para penumpang juga digeledah oleh polisi.

Arab48 melaporkan Jemaah lain dari Umm al-Fahm, yang berhasil mencapai Yerusalem, mengatakan polisi mencegah mereka memasuki Masjid al-Aqsa melalui Gerbang Rantai, yang dikenal sebagai Bab al-Silsala dalam bahasa Arab.



Dua pemuda, Mohammed Taher Jabarin dari Umm Al-Fahm dan Muhammad Steiti dari Acre, dilaporkan ditangkap dalam perjalanan ke tempat suci umat Islam itu.

Penangkapan itu terjadi ketika warga Palestina dari Yerusalem Timur dan di dalam wilayah Israel mengeluarkan seruan untuk berziarah ke Masjid al-Aqsa sebagai respons atas serbuan pemukim Israel ke tempat suci yang terjadi pada hari Senin.



Para pemukim menyerbu Masjid al-Aqsa dan mengibarkan bendera Israel, sebuah langkah terlarang yang membuat marah warga Palestina dan Gerakan Islam Raam di dalam wilayah Israel.

Mereka yang mengibarkan bendera Israel selama liburan Sukkot ditahan sebentar oleh polisi dan dikawal keluar dari tempat suci untuk mencegah eskalasi lebih lanjut.

"Apa yang terjadi dalam hal penganiayaan terhadap Masjid al-Aqsa yang diberkati adalah tindakan agresi yang belum pernah terjadi sebelumnya, terutama mengibarkan bendera Israel, meniup terompet, dan melakukan sholat Talmud di halaman Al -Aqsha dengan dalih beberapa hari libur berturut-turut," kata Dewan Islam Tertinggi di Yerusalem.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)