AS Terkejut Tentara Afghanistan Dilatih 20 Tahun Runtuh dalam Sekejap

Rabu, 29 September 2021 - 08:06 WIB
loading...
A A A
Senator Partai Republik Tom Cotton bertanya kepada Milley mengapa, jika semua yang dia katakan itu benar, dia tidak mengundurkan diri dari posisinya.

Milley menolak keras, mengatakan seorang presiden AS tidak harus setuju dengan saran para jenderalnya.

"Negara ini tidak ingin para jenderal mengetahui perintah apa yang akan kita terima dan lakukan atau tidak. Itu bukan tugas kami," kata Milley.

Austin, Milley, dan para senator—banyak di antaranya mengawasi upaya perang selama bertahun-tahun—tampak penuh dengan pertanyaan tentang apa yang salah, mengutip kegagalan untuk menghargai dampak korupsi dan moral yang rusak di jajaran.

“Ada serangkaian pelajaran strategis yang bisa dipetik,” kata Milley.

Partai Demokrat menyalahkan Partai Republik karena menyalahkan Biden, yang telah menjadi presiden sejak Januari, atas segala sesuatu yang salah selama 20 tahun pasukan AS berada di Afghanistan, termasuk di bawah Trump.

"Siapa pun yang mengatakan beberapa bulan terakhir gagal, tetapi semua yang sebelumnya hebat, jelas tidak memperhatikan," kata Senator Partai Demokrat Elizabeth Warren.

Sebagian besar sidang dikhususkan untuk pertanyaan Partai Republik tentang wawancara Milley dengan Bob Woodward dan wartawan lain untuk buku-buku tentang kekacauan penarikan pasukan AS bulan lalu.

Austin memuji personel AS yang membantu menerbangkan 124.000 orang dari Kabul ke luar negeri.

Tetapi Milley mengakui bahwa sementara upaya evakuasi adalah pencapaian logistik, penarikan itu adalah “kekalahan strategis” yang membuat Taliban kembali berkuasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)