Jaksa ICC Coba Lanjutkan Penyelidikan Kejahatan Perang di Afghanistan

Senin, 27 September 2021 - 23:42 WIB
loading...
Jaksa ICC Coba Lanjutkan Penyelidikan Kejahatan Perang di Afghanistan
Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengaku sedang mencari persetujuan untuk melanjutkan penyelidikan kejahatan perang di Afghanistan. Foto/REUTERS
A A A
DEN HAAG - Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengaku sedang mencari persetujuan untuk melanjutkan penyelidikan kejahatan perang di Afghanistan . Penyelidikan ini akan berfokus pada tindakan Taliban dan ISIS-K.

Sebuah pernyataan mengatakan, permintaan itu diajukan kepada hakim pengadilan sehubungan dengan perkembangan sejak Taliban menguasai Afghanistan dalam serangan kilat bulan lalu.

“Jatuhnya pemerintah Afghanistan yang diakui secara internasional dan penggantiannya oleh Taliban mewakili perubahan keadaan yang signifikan,” kata jaksa baru ICC, Karim Khan dalam sebuah pernyataan.

"Setelah meninjau masalah dengan hati-hati, saya telah mencapai kesimpulan bahwa saat ini tidak ada lagi prospek penyelidikan domestik yang asli dan efektif di Afghanistan," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Senin (27/9/2021).

Saat ini, Hakim akan meninjau permintaan untuk melanjutkan penyelidikan, yang telah memeriksa dugaan kejahatan oleh semua pihak dalam konflik, termasuk pasukan Amerika Serikat, pasukan pemerintah Afghanistan, dan Taliban.

ICC sendiri telah menghabiskan 15 tahun menyelidiki dugaan kejahatan perang di Afghanistan, sebelum membuka penyelidikan penuh tahun lalu. Penyelidikan itu ditunda oleh pemerintah Afghanistan, yang mengatakan sedang menyelidiki kejahatan itu sendiri.

Badan yang berbasis di Den Haag itu adalah pengadilan pilihan terakhir, yang melakukan intervensi hanya ketika negara anggota tidak mampu atau tidak mau menuntut kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, atau genosida.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2284 seconds (0.1#10.140)