Bak Dinosaurus, Kapal Selam Nuklir Australia Rp1.425 Triliun Tak Akan Berguna

Senin, 27 September 2021 - 10:38 WIB
loading...
A A A
Satu kapal selam dapat mengalahkan armada kapal perang permukaan yang jauh lebih besar dan lebih kuat dari dirinya sendiri. Mereka juga berguna untuk menyelinap di misi pengumpulan intelijen, minelaying, dan pasukan khusus.

Tapi hanya yang terbaik yang berguna memburu kapal selam lain. Ketika datang ke era teknologi siluman, kapal selam telah memerintah tertinggi selama setengah abad. Tapi hari-hari tenang kapal selam mungkin sudah berakhir.

Kapal selam adalah ancaman yang unik. Mereka sangat cocok untuk duduk diam di lokasi strategis, menunggu kesempatan untuk menyerang. Mereka berpotensi menutup jalur pelayaran arteri dan mencekik ekonomi.

Tapi bagaimana jika mereka tidak bisa? Maka landasan pemikiran Angkatan Laut modern akan berakhir.

Sejauh tahun 2017, profesor strategi US Naval War College James Holmes sudah mengeluarkan peringatan.

“Perahu yang terlihat adalah kapal yang rentan,” katanya.

"Menemukan jejak seperti...kehadiran kapal selam—dan menyatukan informasi itu menjadi data pelacakan dan penargetan yang dapat ditindaklanjuti—akan meniadakan keunggulan intinya secara keseluruhan atau sebagian—yaitu kemampuannya untuk menghilang di bawah gelombang," kata Holmes.

Ada banyak proyek anti-kapal selam yang sedang dikerjakan. Ini hanya beberapa.

Radar baru sudah dikerahkan. Ini adalah pod raksasa yang dapat diperpanjang yang dibaut di bawah pesawat anti-kapal selam P8 Poseidon AS. Ia dapat memindai permukaan laut dengan radar resolusi tinggi. Kecerdasan buatan kemudian dapat memindai gambar-gambar ini untuk mencari jejak kecil dari bangun kapal selam.

Badan penelitian pertahanan AS, DARPA, juga mengambil pendekatan data besar. Ia mencoba menggunakan perilaku kehidupan laut— seperti udang dan fitoplankton—untuk menyimpulkan keberadaan kapal selam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)