Ini 5 Presiden Termiskin di Dunia, Hartanya Hanya Puluhan hingga Ratusan Juta

loading...
Ini 5 Presiden Termiskin di Dunia, Hartanya Hanya Puluhan hingga Ratusan Juta
Ini 5 Presiden Termiskin di Dunia. FOTO/Reuters
JAKARTA - Seorang presiden identik dengan status sosial yang tinggi. Presiden juga kerap mempunyai fasilitas mewah. Namun nyatanya, ada juga presiden yang hanya mendapatkan gaji tidak seberapa dibandingkan presiden negara lainnya. Berikut 5 presiden termiskin di dunia berdasarkan gaji tahunan seperti dilansir therichest.com.

1. Mahmoud Ahmadinejad (Iran)

Mahmoud Ahmadinejad menjadi Presiden Iran sejak Agustus 2005. Dia adalah pelopor aliansi kelompok konservatif yang disebut Aliansi Pembangun Islam Iran. Pada awalnya, dia adalah seorang guru dan insinyur. Kemudian Ahmadinejad bergabung dalam Office for Strengthening Unity dan terpilih menjadi Gubernur.

Pada 2003, dia terpilih menjadi Walikota Teheran. Lalu, ia mencalonkan diri sebagai Presiden pada tahun 2005 dengan dukungan garis keras dan sikap yang konservatif. Dia berhasil memenangkan pemilihan dengan memperoleh suara 62%. Pada 2009, dia kembali menjadi Presiden dengan berbagai sengketa.



Selama berkuasa, Ahmadinejad memang dikenal sebagai sosok yang sederhana. Ia juga dilaporkan menerima gaji tahunan hanya senilai USD 3.000 atau Rp.42,7 juta.

Baca: Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad Nyapres Lagi

2. Hamid Karzai (Afghanistan)

Hamid Karzai menjadi Presiden Afghanistan sejak Desember 2001. Ia pertama kali dipilih sebagai Ketua pemerintahan sementara oleh tokoh politik lainnya selama konferensi internasional tentang Afghanistan.

Selanjutnya, Karzai menjadi Presiden sementara Afghanistan setelah pemungutan suara oleh Majelis Agung pada tahun 2002. Pada tahun 2004, dia secara resmi menjadi kepala negara. Dia kemudian terpilih kembali menjadi presiden pada 2009. Therichest.com melaporkan Karzai hanya mendapatkan gaji per tahun senilai USD6.300 atau senilai Rp.89,7 juta.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top