Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad Nyapres Lagi

Rabu, 12 Mei 2021 - 15:02 WIB
Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad Nyapres Lagi
Mantan presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mencalonkan diri lagi sebagai presiden dalam pemilu Juni mendatang. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Mantan Wali Kota Teheran yang juga mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad telah terdaftar sebagai calon presiden (capres) untuk pemilu bulan Juni mendatang. Televisi pemerintah pada Rabu (12/5/2021) mengonfirmasi majunya Ahmadinejad dalam pemilu.

Presiden saat ini, Hassan Rouhani, tidak akan berpartisipasi dalam pemilu tersebut karena dia sudah menjabat presiden selama dua periode secara secara berturut-turut.

Baca juga: Batalion Sepik Siap Perang dengan Indonesia, Ini Respons Resmi PNG

Ahmadinejad dikenal sebagai politisi garis keras. Dia tenar karena bergaya hidup seperti pertapa dan retorikanya yang anti-Israel, yang menarik bagi orang-orang miskin di Iran.



Selama masa kepresidenan Ahmadinejad, beberapa pernyataannya menimbulkan protes keras di Barat. Dalam pidatonya di PBB dia mengeklaim bahwa kebanyakan orang Amerika percaya pemerintah mereka berada di balik serangan teroris 11 September 2001 atau serangan 9/11 dan kemudian menyerukan penyelidikan.

Dia juga menyatakan bahwa Israel "harus menghilang dari halaman sejarah", sebuah kalimat terkenal karena salah kutip untuk kalimat "dihapus dari peta".

Dia juga pernah mengatakan Iran memiliki hak atas energi nuklir, membela program nuklir Republik Islam tersebut.

Politisi ini menjabat sebagai presiden Iran antara 2005 hingga 2013. Dia terkenal karena kritik pedasnya terhadap Washington dan Israel, serta pernyataan kontroversialnya tentang berbagai masalah.

Baca juga: Kerepotan Dihujani Roket Gaza, Kota di Israel Malah Perang Saudara

Ahmadinejad pernah berencana untuk maju sebagai calon presiden Iran dalam pemilu 2017, tetapi dilarang oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.
(min)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1936 seconds (10.101#12.26)