Analis: AUKUS Dapat Picu Perlombaan Senjata antara China dan Barat

Rabu, 22 September 2021 - 18:45 WIB
loading...
Analis: AUKUS Dapat Picu Perlombaan Senjata antara China dan Barat
Aliansi militer Amerika Serikat, Australia, dan Inggris (AUKUS). FOTO/Reuters
A A A
LONDON - Aliansi militer baru antara Amerika Serikat (AS), Australia, dan Inggris berbuntut pada sokongan pengadaan kapal selam bertenaga nuklir untuk Australia . Analis menilai, langkah ini bisa memicu perlombaan senjata dengan China .

Barbara Yoxon, analis militer dari Universitas Lancaster, Inggris, mengatakan, meskipun tidak secara resmi ditujukan ke negara lain, kesepakatan AUKUS bertujuan untuk menghalangi pengaruh China yang semakin besar di Pasifik Selatan.



Menurutnya, sementara banyak pembuat kebijakan percaya bahwa pencegahan adalah satu-satunya cara untuk melindungi kepentingan Barat, strategi ini membawa risiko yang signifikan bagi Inggris dan sekutunya.

“AUKUS adalah tanggapan langsung terhadap upaya China baru-baru ini untuk memodernisasi dan memperluas kemampuan nuklirnya. Demokrasi Barat juga khawatir tentang keterlibatan China yang semakin meningkat di wilayah yang diperebutkan di Laut China Selatan,” ucap Yoxon, seperti dilansir Channel News Asia pada Selasa (21/9/2021).

Aliansi tersebut, jelasnya, mencerminkan pandangan, yang umumnya dipegang oleh para pembuat kebijakan luar negeri, bahwa tindakan China merupakan tantangan langsung terhadap pengaruh Amerika dan Inggris di kawasan itu, dan harus dilawan secara aktif.



Namun, ujarnya, pandangan ini telah ditentang oleh banyak pakar hubungan internasional dan analis kebijakan luar negeri. Yoxon mengatakan, mereka percaya bahwa Barat harus melibatkan China dalam diplomasi daripada melawannya.

Beberapa komentator dan pembuat kebijakan percaya bahwa dua negara dengan senjata nuklir tidak akan pernah saling menyerang, karena takut akan saling menghancurkan. Asumsi ini, jelas Yoxon, mengabaikan bahwa orang sering membuat keputusan berdasarkan respons emosional, daripada perhitungan rasional. Krisis Rudal Kuba tahun 1962 dan seberapa dekat AS dan Rusia meluncurkan serangan nuklir terhadap satu sama lain adalah contohnya.

“Keputusan untuk menyebarkan senjata nuklir adalah hasil dari serangkaian kesalahpahaman dan persepsi, bukan ancaman nyata yang ditimbulkan oleh kedua belah pihak. Penolakan seorang perwira Rusia untuk mengikuti perintah adalah satu-satunya alasan Perang Dingin tidak berakhir dengan bencana nuklir,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1308 seconds (0.1#10.140)