Korut Ledek Rudal Kapal Selam Korsel: Seperti Bayi Belum Sempurna

loading...
Korut Ledek Rudal Kapal Selam Korsel: Seperti Bayi Belum Sempurna
Bendera Korea Utara berkibar di atas menara 160 meter di desa Gijungdong di zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea. Foto/REUTERS/Kim Hong-ji
SEOUL - Korea Utara (Korut) meledek rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM) Korea Selatan (Korsel) yang baru-baru ini diuji tembak. Misil itu disebut sebagai senjata "kikuk" dan diibaratkan seperti bayi yang belum sempurna.

Kendati demikian, Pyongyang memperingatkan bahwa perkembangan SLBM Seoul akan menyalakan kembali ketegangan lintas batas.

Baca juga: Ribut Kapal Selam Nuklir, AS Tembakkan 2 Rudal Trident

Kedua Korea—yang telah mengembangkan senjata yang semakin canggih di tengah upaya yang terhenti untuk meredakan ketegangan di semenanjung Korea—sama-sama menguji coba rudal balistik pekan lalu.



Ledekan dari Korut disampaikan oleh Jang Chang Ha, kepala Akademi Ilmu Pertahanan Nasional, sebuah pusat pengembangan dan pengadaan senjata yang dikelola negara Korea Utara.

Dalam sebuah komentar di media pemerintah KCNA, Jang mengatakan bahwa foto-foto media dari rudal Korea Selatan terbaru menunjukkannya sebagai senjata ceroboh yang bahkan tidak berbentuk SLBM.

Jang mengatakan rudal itu tampaknya merupakan versi rudal balistik surface-to-surface Hyunmoo dengan hulu ledak yang sebagian merupakan tiruan dari K-15 SLBM India.

Foto-foto tes SLBM Korsel, lanjut Jang, menunjukkan bahwa Korea Selatan belum mencapai teknologi kunci untuk peluncuran bawah air termasuk analisis aliran fluida yang rumit.

"Singkatnya, itu harus disebut pekerjaan yang kikuk," kata Jang.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top